nhk

IndoPrix 2014; Astra Motor Racing Team Pakai Honda Blade Injeksi

 

ManiakMotor – Tim yang baru saja memperkenalkan jajarannya ini punya ajian baru, bukan jampi-jumpi tapi teknologi injeksi. Tahun sebelumnya pakai Honda Supra 125 PGM-FI untuk  IndoPrix (IP) 125 dan Honda Blade karburator untuk IP 110, tahun ini kedua kelas tersebut mengandalkan Honda Blade Injeksi.

Soal injeksi di balap bebek Indonesia, Astra Motor Racing Team (ART) memang yang duluan. Bebek merek lain masih ragu-ragu, mereka memperkenalkannya tiga tahun lalu dengan hasil karya anak-anak ART, ya lokal punya.

Injeksi pada Blade lebih mudah penyediaan komponennya. Antar kedua kelas ini sama, yang beda hanya diameter piston dan diameter throttle body. Jadi, dua kelas itu pakai Blade,” kata Benny Djatiutomo selaku Technical Director ART.

Benny mengaku tidak ada kesulitan men-trasfer teknologi injeksi yang sebelumnya karbu. Kan ART telah meriseynta di Supra 125X PGM-FI dengan kanibalisme onderdil injeksi. Maklum, tiga tahun lalu soal injeksi semua dari nol. Nol besar malah. Tapi sekarang ART yakin sudah ada pengembangan. Sebab, kata mereka, injeksi hanya alat, yang paling utama mesin kencang dulu.

Blade yang dipakai bukan yang pernah nongol di salah satu seri IP 2013 lalu. Motor tersebut masih dalam tahap riset oleh Astra Honda Motor (AHM). “Sebetulnya tahun lalu tidak ada masalah dari sistem elektronik. Tahun ini, ART telah menemukan ramuan yang lebih bagus dari  peranti elektronik sampai perangkat kerasnya,” ujar Ade Rachmat yang posisinya sebagai Electronic Engineer.

Seperti yang portal ini lihat pada kedua kelas Blade ART, sistem injeksinya masih sama dengan tahun lalu. Injektornya bukan di intake manifold tapi ada di mulut throttle body, “Rencannya dalam waktu dekat ini kami akan melakukan setup semua motor bersama pembalap, agar mereka terbiasa,kata Benny.

Buktikan Satu Hati. Adit

BACA JUGA

Astra Motor Racing Team (ART) 2014; Target Tinggi Mulai Balap Bebek Sampai SuperSports 600 cc

Astra Motor Racing Team (ART); Pola Pembinaan Pembalap Muda Modern, 16 Tahun Geber 600 Cc

BAGIKAN