nhk

IndoPrix 2014; Dibuka Kelas Sport 150 cc Four Stroke

 

ManiakMotor – IndoPrix 2014 melakukan pengembangan dengan terobosan kelas baru. IndoSpeed sebagai penyelenggara akan membuka kelas sampai 150 cc. Disebut begitu, sport dan bebek bisa satu kelas, yang penting 150 cc. Yamaha MX135 dan Suzuki FU150 boleh ikutan di sana.

Honda dan Yamaha, kayaknya siap deh dengan sport 150 cc-nya. Honda lewat  CB150R StreetFire-nya telah memulai dari IRS di Sentul. Juga telah melepas motor ini di seri Honda Racing Championship pada 2013. “Kami siap-siap saja, bila kelas itu memang dibuka di IndoPrix. Karena tujuan AHM dengan kelas port di balap motor, pas untuk penjejangan,” jelas Anggono Iriawan, manajer motorsport Astra Honda Motor yang baru pulang dari Qatar mendampingi dua pembalap AHM menjajal Moto3 versi regulasi Jepang alias GP3.

 Sedang Yamaha boleh berharap akan munculnya R15 yang minggu ini digunakan di Yamaha Asean Cup Race di Sentul. R15 dari tampangnya sudah racing abis. Seharusnya siap diadu pada kelas yang dibuka di supermasi balap motor Indonesia tahun depan? “Ah lihat saja dulu formatnya,” singkat Supriyanto, manajer motorsport Yamaha Indonesia.

Bambang Gunardi dari Departemen Olahraga PP IMI menegaskan, bahwa kelas ini dibuka sampai 150 cc, tidak membatasi hanya seputar tipe sport. “Kami memberi peluang pada Suzuki yang hanya punya memiliki bebek 150 cc. Termasuk di dalamnya Yamaha MX135 boleh ikut. Pokoknya dibuka sampai 150 cc tanpa melihat tipenya. Tapi diharapkan Yamaha dan Honda menurunkan tipe sportnya,” kata BG alias Bambang Gunardi.

Bambang juga mengabarkan regulasi tekniknya tidak akan dibuka habis seperti yang terjadi di Bebek Tune-Up 110 dan 125 yang sudah pol-polan korekannya. Aturan teknik yang dipakai pada 150 cc masih akan bersahabat dan murah.  Saat ini aturan tersebut sedang digodok dan akan disodorkan pada Rapat Kerja Nasional PP IMI.

Terobosan ini memang sudah seharusnya, mengingat bebek mulai kehilangan gairahnya. Bebek dianggap tidak sejalan dengan penjejangan balap motor dunia. Ya, kalau sport sudah pasti dan telah dimulai AHM derngan CB150R-nya tadi. “Saya mendukung. Capek juga babalap pakai bebe terus,” timpal Rey Ratukore dengan logat NTT, ia pembalap papan atas IP saat bersua portal ini di Sentul Kecil, baru lalu.  Miolo      

BACA JUGA

IndoPrx 2013 Binuang; Z1 Racing Sigit PD Juara IndoPrix Ganda

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353