nhk

Indoprix 2014 Jelang Sekayu; Lomba Ganti Format, Kompetisi Rapat

ManiakMotor – Kompetesi rapat dengan teknologi canggih. Itulah gambaran supermasi balap tanah air saat ini yang disebut Indoprix (IP). Kembali akan dibuktikan pada ronde kedua di Sirkuit Skyland, Sekayu, Banyuasin, Sumatera Selatan (24-25/5) ini. Pokoknya teknologi tertinggi bebek ada di sini.

Cerita kompetesi rapat sudah dimulai sejak babak kualifikasi, “Idealnya punya harapan juara. Faktanya lolos kualifikasi dan bisa menempati grid saat raceday pun tidaklah mudah. Tapi kami yakin bisa tampil maksimal,” komentar Roy Prima, owner tim Yamaha Yamalube RPM NHK FDR SSS Creampie MRT salah satu tim duta Sumatera. 

Gambaran lebih konkrit bisa dilihat saat seri 1 lalu di Sentul.  Bagaimana tidak, tim papan atas sekelas Astra Motor Racing Team di bawah komando Benny Djati Utomo bisa tersingkir dari persaingan 27 grid yang ada. Pembalapnya Iswandi Muis terpaksa jadi penonton.

Apalagi dengan sistem kualifikasi yang berbeda dengan tahun sebelumnya (baca: ganti format), persaingan menuju final memang ketat. Lomba sebenarnya sudah dimulai sejak free practice (FP), apalagi bila ada force majeur yang memaksa kualifikasi ditiadakan dan ditentukan dari FP.

“Pembalap dan mekanik dituntut kerja keras sejak FP. Kan sistemnya seperti MotoGP,” imbuh Rawal Lasut bos pasukan Honda Daya NissinDaytona IRC. Ya, IP 2014 ini menggunakan sistem baru yakni tiga FP, dua kali qualifikasi (QP1 dan QP2) dan dua race. 

Hasil FP1-FP3 akan menentukan. ”Sepuluh pembalap tercepat dari akumulai tiga FP akan masuk otomatis ke Q2, pembalap lain masuk Q2 akan ikut Q1. Dua pembalap tercepat di QP1, akan masuk ke Q2. Jadi akan ada 12 pembalap yang akan berebut posisi start 1-12,” imbuh Eddy Horison yang langganan pimpinan loma di IP. Ardel

BACA JUGA

IndoPrix 2014 Jelang Sekayu; Sirkuit Bekas PON 2004

Indoprix 2014: Semua Rekor Sentul Kecil Pecah! Jawabannya?

IndoPrix 2014 Sentul Race-2 IP125; Kete Lagi Yang Juara, Ditempel Yoga

IndoPrix 2014 Sentul Race-2 IP110; Kete Kampiun Dengan Z1 Racing

IndoPrix 2014 Sentul Race-1 IP125; Z1 Racing Rey Ratukore Pemenangnya

 

 

BAGIKAN