nhk

IndoPrix 2014 Jelang Sekayu; Sirkuit Bekas PON 2004

 

ManiakMotor – Sekayu adalah kecamatan ibu kota Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Di sana ada sirkuit yang namanya Skyland. Sirkuit ini pernah digunakan pada PON 2004 yang salah satu cabangnya adalah balap motor. Di Sumsel ini, balap motor pertama kali diterima di PON. Saat itu yang dipertandingkan benar-benar Bebek Tune-Up 2-Tak yang digunakan di balap motor nasional.

Nah minggu atau 24 – 25 Mei 2014 ini sirkuit itu digunakan lagi di ronde 2 IndoPrix 2014. Bedanya, di event yang digerakkan oleh IndoSpeed ini sudah mempertandingkan Underbone 4-Tak dengan teknologinya yang pesat. “Sirkuit ini sebenarnya memenuhi syarat untuk teknik mengendara balap motor. Sayang bila dibiarkan tak terpakai untuk ajang nasional,” sebut Bambang Gunardi dari IndoSpeed, penyelenggara IP.

Top speed, teknikal menikung dan uji mesin dapat di Skyland sepanjang 2.1 km itu. Ada 7 tikungan ke kanan dan 6 ke kiri. Lantaran aslinya dibangun untuk lomba underbone 2-tak ketika itu. You tahu sendiri yang diadu di sana saat itu adalah Suzuki RG-Sports dan Yamaha Fiz-er.

Bila pakai Bebek 4-Tak yang digunakan IP sekarang, ya akan lebih leluasa menikung sana dan betot sini. Tinggal tergantung mekanik untuk mengembakan kecepatan. Tikungan-tikungan Skyland hidup semua untuk ukuran bebek underbone 2-tak saat itu. Malah lebih tinggi menuntut putaran tinggi dibanding Sentul Kecil.

Ya kira-kira seperti itulah Skyland untuk IP seri 2 minggu ini. Ito  

BACA JUGA

Indoprix 2014: Semua Rekor Sentul Kecil Pecah! Jawabannya?

IndoPrix 2014 Sentul Race-2 IP125; Kete Lagi Yang Juara, Ditempel Yoga

IndoPrix 2014 Sentul Race-2 IP110; Kete Kampiun Dengan Z1 Racing

  

BAGIKAN