nhk

IndoPrix 2014 Jelang Sentul; Munculnya Yamaha V-Ixion Ikut Kelas 150 cc



ManiakMotor – Desas-desus Yamaha
ogah turun di kelas baru 150- cc IndoPrix 2014 memang benar. Dibukanya kelas ini sebenarnmya mewadahi Vixion dengngan Yamaha dan CB150R StreetFire dari Hondanya. Sampai Kamis 24 April di Sentul Kecil, hanya Suzuki yang unjuk gigi dengan Suzuki FU.

Tapi ada tuh tim perorangan yang ‘nekad’ pakai  V-Ixion Ligthning tentu ikut IP3 atau 150cc yang lombanya berlangsung 27 April. “Awalnya akan disupport Yamaha Indonesia (YI).  Ternyata YI membatalkan dengan alasan sirkuitnya terlalu kecil, tak cocok dengan motor jualan mereka,” kata Hendra Rusbule dari Daytona Proven Performance yang menggunakan V-Ixion Lightning tersebut.

Diiyakan Abidin selaku GM Service dan Motor Sport YI.  Abidin keberatan dengan kontur sirkuit yang terlalu kecil untuk sport 150 cc.  “V-Ixion ataupun R15 konsepnya motor sport, jadi kurang pantas dimainkan di sirkuit Sentul Kecil,” kata Abidin.

Mungkin Abidin hidup di era sekarang. Di zaman kejurnas balap motor 1995 sampai 1997 ada yang namanya sport tune-up 2-tak 150 cc. Saat itu YI juga ikut dengan Yamaha TZM150 yang melawan Suzuki RGR, Kawasaki Ninja 150 dan Honda NSR150SP di trek dadakan, bukan seperti sekarang sudah ada namanya sirkuit Kenjeran, Sentul Kecil, Sekayu dan Binuang yang lebih teratur racing line-nya.  

Aturannya pun macam underbone 4-tak seeded sekarang alias korek habis. Sedang aturan 150 cc saat ini lebih ‘lembek’ alias masih di bawah IP110 dan IP125. Tidak semuanya dibuka dengan tujuan  agar tetap terjaga kecepatannya dan biaya.  “Sebenarnya saya di sini sembari riset suku cadang  untuk aftermarket motor sport,,” ucap Hendra yang telah memasang ECU Daytona pada Vixion. ECU tersebut pernah digunakan pada R15 saat Yamaha Cup Race.

Agar lincah di Sentul Kecil, jarak sumbu roda V-Ixion ini sudah diakali. Sampai saat ini Vixion ini masih  59.32 detik. Sebagai perbandingan, Suzuki Satria FU milik Topan sudah  masuk  57.00 detik. Waw… Ghalib

BACA JUGA

IndoPrix 2014 Jelang Sentul; Rafid Topan PAkai Suzuki FU Dan Shooter

IndoPrix 2014 Sentul; Rabu 23 April, Sudah Pada Setting Dan Latihan Tuh

IndoPrix 2014 Jelang Sentul; Yamaha Vs Honda VS Suzuki Vs Kawasaki, Teknologi Injeksi

 

 

BAGIKAN