nhk

IndoPrix 2014 Jelang Seri 3: Kembali Ke Sentul Kecil Juaranya Bisa Ditebak, Kawasaki Keberatan!! Honda???

ManiakMotor – Awalnya dijadwalkan seri 3  IndoPrix (IP) 2014 pada  9 – 10 Agustus akan digas di sirkuit Park Kenjeran, Surabaya, Jatim. Namun, sirkuit tersebut lagi dibangun tempat reksreasi. Maka panitia pelaksana IP mengabarkan seri 3 akan kembali (pindah) ke Sentul International Karting Circuit atau lebih dikenal dengan Sentul Kecil (SK). Untuk tanggalnya tetap podo.

Kembalinya ke SK sudah menjadi bisik-bisik pemain inti IP, terutama pabrikan. You tahu saja ada empat pabrik Jepang yang jualan motor di Indonesia yang bermain di sana. Top memang. Tapi asal tahu juga, di luar  Yamaha, jidat mekanik mengkerut bila tampil di SK.

SK santapan gurih Yamaha lewat torsinya yang kuat dan rangka agresif di tikungan berdekatan dan sempit. Singkatnya, ke SK sama saja merek lain hanya pelengkap. “Agar adil untuk semua merek peserta IP, jadwal di SK tak perlu dua kali. Setiap merek bebek punya karakter sendiri-sendiri. Mungkin Yamaha cocok di sirkuit kecil, Kawasaki pas di sirkuit lebih besar atau Honda. Bila mau adil ayo ke Sentul Besar,” kata Ibnu Sambodo, manajer sekaligus pawang Kawasaki Rextor Manual Tech.

Ibnu yakin setiap tim bebek apalagi sekelas IP, punya data lengkap di Sentul Besar, jadi tak ada alasan bila tak siap. Sirkuit ini pun saban tahun digunakan untuk underbone di Asia Road Racing Championship. “Masalah pendanaan, tentu IP  sanggup. Kan IRS dikelola IndoSpeed bisa serinya di Sentul Besar. Penyelenggara IRS juga pelaksana IP,” tambah Ibnu sembari mencontohkan seperti di Sekayu, Sumatera Selatan saat seri dua IP, balapan enak dilihat karena seimbang.  

Eddy Horison selalu race director lomba IP mengabarkan untuk sementara SK memang dalam jadwal. Tetapi cerita penempatan serinya bukan wewenang doski. “Saya hanya pelaksana lapangan. Soal sirkuit itu haknya IndoSpeed. Semua tim telah disurati soal pindahnya tempat ini,” jelas Eddy dari tempatnya di Riau.

Honda dari kabar-kabarnya juga mengeluh tapi belum buka suara. Apalagi saat dihubungi para pentolannya masih di Jepang dalam rangka ketahanan Suzuka. Sampai di Indonesia juga langsung lebaran, berarti sibuk. Tapi kata Ibnu ada benarnya, bahwa peserta minta keadilan dari segi karakter sirkuit IP. Ito  

BACA JUGA

Indoprix 2014 Jelang Seri 3: ‘Suka-Suka Mekanik Jepang’ Jagokan Z1 Racing Yang Mana?

IndoPrix 2014: Anggi Permana Joki IP, Ikut Drag Bike

 

BAGIKAN