nhk

IndoPrix 2014, Kelas 150 Cc Regulasi Belum Jelas, Tim Dan Pembalap Bingung

 

ManiakMotor – Kelas 150 cc di IndoPrix 2014 diembuskan dan diyakini oleh penyelenggaranya, pasti ada. Bahkan, tampa diikuti pabrikan macam Yamaha dan Honda sebagai ujung tombak balap motor di Indonesia, kelas itu tetap akan dibuka. Dalam artian yang banyak arti, tanpa peserta pun kelas 150 cc akan tetap diadakan. Alasan IndoSpeed penyelanggara IP, sudah waktunya Indonesia menggiring balapannya ke kelas sport, walau sementara kelas 150 ini masih boleh diikuti Suzuki FU150, lantaran Suzuki belum punya sportnya.

Namun situasi  sekarang berbeda. Para pelaku utama, terutama pabrikan masih pada melongok.  Mereka tak tahu harus berbuat apa, lantaran regulasi pembalap dan tekniks motor yang diwacanakan  belum ada gambaran sama sekali. Padahal dari regulasi ini, timbang-timbang dan timang-timang, untuk mengukur gacoan masing-masing di arena.  

Anggono Iriawan yang menjabat Manager Safety Riding & Motorsports Departement Astra Honda Motor, tak bisa banyak bicara. Kendati kubunya sabagai pioner kelas sport di Indonesia 150 cc versi 4-tak. Yakni, lewat one make race (OMR) di Sentul dan trek dadakan di Honda Racing Championship. Tentu  saja dengan adalannya Honda CB150R StreetFire.

“Kan dari regulasi yang disodorkan panitia akan jadi pegangan dan tuntunan, apakah motor kami cocok atau tidak untuk ikut. Walau pun cocok, toh harus punya ancang-ancangan untuk rancangan ke depan. Misalnya mempersiapkan dari sisi manajemen yang selalu berkaitan dengan dana. Belum lagi, strategi pabrik dan  tim,” jelas Anggono panjang lebar walau katanya tak bisa bicara banyak, hehe.

Kira-kira samalah dengan M. Abidin selaku GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Ia pun tak bisa cuap-cuap lebih jauh, walau sudah jauh dengan contoh OMR Yamaha R15 saat Yamaha Asean Race di Sentul baru lalu. “Kelas ini masih kami pelajari, tapi harus dipelajari sebagai patokan belum ada, karena regulasinya pun belum ada,” tukas Abidin.

Tak kalah semangat Suzuki yang tahun depan menurunkan dua tim. Tim Suzuki Cia Felix tetap ada, lalu ditambah satu tim yang dihuni Harlan Fadhillah. “Satria FU150 siap dibalapkan, tapi yaitu tadi, belum bisa dibuat macam-macam, karena macam-macam regulasinya belum bisa jadi patokan,” kata pembalap yang riset motornya dilakukan di BRT, Cibinong, Jawa Barat itu.

Bambang Gunardi dari IndoSpeed, baru lalu menyatakan aturan pembalap dan regulasinya sedang digodok. Ia menjamin, kelas 150 cc ini masih boleh diikuti motor bebek seperti Yamaha MX135 dan FU150. “Termasuk regulasi teknisnya akan dibatatasi atau dijaga jangan sampai melampui aturan bebek saat ini yang terlalu mahal. Ya, tetap balap murah, tunggu saja,” kata Bambang.

Sampai kapan nunggunya nih. Adit

BACA JUGA

IndoPrix 2014; Dibuka Kelas Sport 150 cc Four Stroke

IndoPrix 2014; IRC Fast-1 Dan 3 Kering-Basah, Jaminan Catatan Waktu Tajam

IndoPrix 2014; M Fadli Memperkuat Supersport 600 Honda AHRS Dan Bebek IndoPrix

 

BAGIKAN