nhk

IndoPrix 2014: Regulasi Murah IP150, Ketat Agar Imbang, FU Vs CB150R, R15

 

ManiakMotor –Inilah regulasi kelas baru di IndoPrix. Yakni IP150 yang untuk sementara masih dicampur sport dan bebek. Pokoknya maksimum 150 cc. Urusan sasis dibebaskan, “Yang penting mesinnya tegak (vertical) bukian mesin tidur (horizontal),” kata Bambang Gunardi, pimpinan IndoSpeed yang membuka kelas ini sebagai terobosan.

Aturan main IP150 ini memang serba terbatas, dan memang sengaja dibatasi agar murah. Tidak seperti di IP115 dan IP125. “Sudah diperhitungkan plus-minusnya. Yang pasti ini aturan imbang untuk semua merek motor,” tambah Bambang yang mengaku untuk sementara masih dicampur dengan bebek lantaran Suzuki belum punya motor sport, mereka boleh melepas Satria FU di kelas ini. Waw, FU akan ketemu CB150R dan R15 dong?

Diameter payung klep contohnya, maksimum 26 mm. Karburator dibatasi 28 mm dan yang menggunakan injeksi, maksimum throttle body 30 mm. Jauh dari aturan underbone 4-tak di IP1 dan IP2. Dengan pembatasan tersebut, ya untuk sementara nggak mungkinlah geber-geberan dana dibanding kelas yang sudahg ada. Ini pun masih dibatasi pada intake manifold yang harus standar.

Jumlah klep mengikuti standar bawaan motor. Aslinya dua klep tidak boleh ditambah, begitupun yang 4 klep tidak boleh dikurangi. Wah, kalau dikurangi nggak mungkin kali ya. Bahan baku klepnya dibebaskan. Begitupun sitting klep, per klep, dan shim klep.

Camshaft atau kem, free alias bebas pakai aslinya atau aftermarket dan buatan sendiri. Untuk rocker arm harus pakai aslinya motor. Begitupun dengan kepala silinder bawaan motor yang digunakan, tapi dibolehkan melakukan modifikasi pada silinder head tersebut. Ya, itu mutlak. Di situlah karya mekanik.

Piston dan ring harus pakai standar bawaan motor, sementara jumlah ring pistonnya bebas. Begitupun kruk-as wajib pakai standar namun dibolehkan melakukan modifikasi, penambahan atau pengurangan langkah kerja torak dilarang keras, kolo ketahuan didiskualifikasi.

Sempat beredar rumor bahwa underbone yang ikut kelas ini harus mengubah posisi tangki bahan bakar jadi di depan jok. Di regulasi ini tertulis jelas, tangki bahan bakar standard posisinya bebas, artinya boleh ditempat aslinya atau dipindah di depan jok. 

Bobot minimum akan dibedakan menurut jenis sasis, sport 155 kg dan underbone minimum 160 kg. itu dihitung berikut bobot pembalapnya. Adit

BACA JUGA

Indoprix 2014; M. Zaki Dan Adi Bontot Perkuat Yamaha Ridlatama..!

IndoPrix 2014: Kata Fadli Honda Blade-nya Sudah Kencang

IndoPrix 2014 : SkyLand Sirkuit Rp 30 Milyar Jadi Seri Pembuka

 

BAGIKAN