nhk

Indoprix 2014 Sekayu; Pangkas Rekor 3 Detik, Ban FDR Khusus Skyland!

ManiakMotor-Telah disebutkan dalam cerita balap pada ronde kedua Indoprix (IP) 2014 di sirkuit Skyland, Sekayu, Muba, Sumsel (24-25/5).  Bahwa, pemenang dalam tiga kelas yang dilombakan adalah pembalap cerdas mengatur kompoon ban dalam 15 lap. Itu lantaran karakter aspal Skyland memang rada-rada.

”Coba lihat, trek dominan krikil, kasar dan beberapa bagian terkelupas. Ban mudah tergerus, utamanya pada tikungan. Idealnya mereka pakai FDR MP96. Tapi dengan kondisi tak normal, pembalap wajib mensiasati sendiri kombinasi tipe ban yang beda. Karena pembalap langsung yang merasakan,” jelas Riza selaku Kepala Departemen Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries  (SRI) produsen ban FDR yang jadi official tyre IP. 

Faktanya, memang begitu trek Sekayu. Dan begitu juga pembalap memerlakukan ban. Misalnya Fitriansyah Kete (Yamaha TJM). Kete mengkombinasi tipe Sport MP76 dan MP27. Hasil kombinasi itu memang mengantarkan pembalap asal Kaltim itu jadi bintang dengan Yamaha Z1 Racing  Segitunya, dengan kondisi aspal yang tak lazim tadi, Kete tetap mampu pangkas rekor Skyland sampai 3 detik.

Ya, terakhir dipegang M. Fadli pada pada tahun 2007 dengan 1;23.55, sekarang oleh Kete jadi 1;20.959. Wow! Daya tahan ban FDR memang teruji, transfer power mesin tetap terjaga dalam kondisi macam mana pun. Ya seperti kondisi sirkuit Sekayu.

Tapi, persoalan dari Sekayu  mendorong tim riset FDR untuk membuat ban pilihan pada model sirkuit di Sumatera Selatan itu. Apalagi bila rencana Skyland kembali akan dipakai untuk musim ke depan. ”Dengan catatan kondisi aspal Skyland di renovasi. Baru lebih presisi  soal rencana bikin test ulang dengan analisa riset ban yang tahan,” sambung Riza lagi.

Ditunggu! Ardel

BACA JUGA

Hasil IndoPrix Skyland, Sekayu, Sumsel, 24 – 25 Mei 2014

Indoprix 2014: Semua Rekor Sentul Kecil Pecah! Jawabannya?

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu; Race-2 IP125 Jupiter Z1 Racing Hendriansyah

 

BAGIKAN