nhk

IndoPrix 2014 Sekayu; Race-2 IP110 Kawasaki Edge Yudhistira

 

ManiakMotor – Race-2 IP110 cc di sirkuit Sekayu dikagetkan anak muda dari Kalimantan Selatan. Namanya Ricky Ananda yang menggeber Jupiter Z yang langsung melejit dari grid start di sirkuit Sekayu, Muba, Sulsel pada Ahad 25 Mei. Ricky yang baru 16 tahun tentu masih minim jam terbang ketimbang yang ia asapi di lap-lap awal yang semuanya senior.

Dan sudah menjadi hukum balap bebek jarang yang juara kabur sendirian. Mesin akan menantang angin dan akan cepek sendiri daya tahannya. Belum lagi, para senior sudah belajar cara merawat kompon ban bermain di trek Sekayu yang pori-pori aspalnya sangat menggerus ban yang ditambah suhu sekitar menyengat. Faktanya, motor Ricky tak kuat berlari sendiri dan lap ke-10 doski tertangkap ekornya oleh rombngan ke-2. 

Posisi tiga lap terakhir dari 15 lap yang dipakai, sudah bergerombol dan adu pintar. Namanya bergerombol dan saling untit racing line, mesin awet ban juga awet. “Saya sudah belajar dari race-1 IP110 dan IP125, nggak boleh nafsu di depan sejak awal. Usahakan bergerombol, tentu tahu kemampauan motor untuk diadu di lap terakhir,”  kata Yudhistira yang membela Kawasaki Manual Terch Rextor IRC yang memang Kawasaki Edge-nya piawai di trek panjang macam Sekayu.

Alhasil yang hasilnya seperti terlihat disiaran langsung juaranya mereka yang senior. Tapi ada dua senior yang kelewat nafsu, yakni Deny Triyugo (Honda) dan Gupita yang out di tikungan terakhir. Sedang Ricky yang masih minim jam terbang kudu belajar  memainkan ritme. Nih urutannya 1. Yudhistira (Kawasaki), 2. Fitriansyah Kete (Yamaha), 3. Sigit PD (Yamaha), 4. Irwan Ardiansyah (Yamaha).

Eiit… ternyata ada Sigi PD dari Yamaha Yonk Jaya NHK yang tahun lalu sangat mendominasi IP. Bahkan dia juara pada dua kelas. Kali ini doski ke-3. “Seri pertama dan sekarang ini saya salah pilih ban. Tadi di race-2 IP110 baru dapat yang tepat. Depan saya pakai FDR MP27 dan belakang FDR FR75 (slick),” kata Sigit yang memakai Z1 Racing Jepang.   Ardel      

BACA JUGA

Hasil IndoPrix Skyland, Sekayu, Sumsel, 24 – 25 Mei 2014

IndoPrix 2014 Seri-2 Sekayu; Race-1 IP125 Z1 Racing Hendriasyah Melejit Lewat Pengalaman PON

IndoPrix 2014 Sekayu; Race-1 IP110 Didapat Blade FI Lewat Iswandi Muis

BAGIKAN