nhk

IndoPrix 2014 Seri 5 Binuang: Hanya Isu Honda Mundur Dari IP

 

ManiakMotor – Isu Honda mundur dari IndoPrix di seri terakhir di sirkuit Balipat, Binuang, Kalsel memang kencang. Sejak ikut resmi IP empat tahun lalu, Honda memang belum pernah juara IP dan hanya nyaris-nyaris di dua kelas IP dipertandingkan. Termasuk di Binuang yang berlangsung 22 – 23 November 2014, Honda di akhir klasemen hanya kedua di IP110.

Langsung dijawab Anggono Iriawan, manager motorsport Astra Honda Motor (AHM) yang membidangi balap motor di lingkungan AHM. Katanya, namanya isu nggak jelas lahirnya dari mana. “Mana mungkin mundur di saat evaluasi dari perusahaan belum dilaksanakan. Evaluasi tahun depan atau 2015 menunggu semua kegiatan balap motor 2014 selesai,” jelas Anggono yang mengakui banyak pertanyaan mundur dari IP dialamatkan padanya.

Benar juga. Taka da evaluasi secepat kilat sehari setelah seri IP selesai. Lha Anggono saja baru sampai di kantornya saat berita ini diketik atau 24 November 2014.  Beberapa kegiatan berseri balap motor diikuti AHM belum semuanya tuntas. Contoh, serial Honda Racing Championship baru akan melaksanakan seri final di Semarang, Jatenng pada 21 Desember.

Sedangkan Asia Road Racing Championship (ARRC) yang diikuti tim-tim yang dibiayai AHM juga baru melaksanakan seri terakhirnya Desember nanti di Qatar. Di sana AHM berpartisipasi di supersports 600. Lalu punya program sendiri dari Honda Jepang langsung di Asia Dream Cup yang mempertandingkan CBR250.   

Lagian menurut Anggono, AHM dari divisi sport punya program dalam lima tahunan. Sedangkan IP belum sampai lima tahun mereka ikuti. Itu bila dibandingkan dengan merek lain, mereka ketinggalan puluhan tahun sejak sejarah balap bebek dikejurnaskan pada 1995. “Kami belum lima tahun. Itu pun sudah menempatkan wakil Honda dalam keikutsertaan hampir juara. Tahun ini misalnya, seharusnya ada persaingan di 110, tapi kan seri 4 tidak ada point,” jelas Anggono.

DI IP AHM diperkuat lima tim Honda dan salah satunya atau Astra Racing Team sebagai perwakilan langsung. Pembalap terbaik Honda tahun ini dipegang I Gede Arya yang memperkuat Honda Daya Motor yang bertengger di posisi kedua akhir klasemen IP110 atau underbone 110 cc. Sama dengan tahun lalu juga hanya kedua di akhir klasemen yang saat itu diwakili Wahyu Widodo dari Honda Daya.  Ito

BACA JUGA

Klasemen IndoPrix 2014

Hasil IndoPrix Balipat, Binuang, Kalsel 22 – 23 November 2014

IndoPrix 2014 Seri 5 Binuang (Race-2 IP125): Kete Juara Ganda Di Balap Bebek Indonesia

IndoPrix 2014 Seri 5 Binuang (Race-2 IP110): Kete Mempertegas Perfoma Z1 Racing

IndoPrix Seri 5 Binuang: Kete Sudah Juara IP110 2014 Dari Hasil Juara Race-1

 

    

BAGIKAN