nhk

IndoPrix 2014 Seri 5 Binuang (Jelang): FU Jawara IP150, Jagoan Meliuk, Mahir Pula Lurus

 

 

ManiakMotor – Mesin FU yang DOHC 4-tak tersebukti sudah, kampiun di trek lurus dan trek meliuk-liuk alias road race. Maksudnya, bukan di drag bike yang lurus saja mesinnya bengis, juga ganas di road race. Teruji di dua trek yang di lurus adu mesin dan di road race uji geometri rangka yang kompak dengan power mesin.

Cerita ini bukan soal drag bike, tapi IndoPrix (IP). IP adalah lambanga balap motor tertinggi di Indonesia. Sebelum seri IP ditutup atau seri penghabisan di sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan, minggu ini atau 22 dan 23 November 2014, FU telah memastikan juara Kelas 150 cc.  Ini kelas baru yang menjanjikan ke depan.

Tiga pembalap Suzuki Racing Team berada di puncak klasemen dan sudah tak mungkin dikejar oleh yang lain. Paling sesama FU yang gontok-gontokan. Tetap Rafid Topan Sucipto (Suzuki Nissin) yang memimpin 128 poin, disusul Ocvan Irvana dengan  75 poin (Suzuki Chia Felix), Harlan Fadhilah dengan 74 poin dan selanjutnya tengok klasemen di link bawah. “Itulah keuntungan FU sejak kelas ini diperkenalkan tahun ini sudah ikut duluan,” jelas Felix Judyanto dari Suzuki Chia Felix.

Maksudnya dari segi temuan korek-korek mesin untuk Kelas 150 cc di IP, pengembangannya sudah berjalan. Suzuki lebih siap bila tahun depan pabrikan lain akan serius di kelas campuran bebek dan sport tersebut, kan sudah duluan seriusnya. Lagian,  setahun penuh ini atau 2014, tim-tim yang pakai FU telah mengembangkannya mesinnya selain di IP, juga ikut IRS di Sentul.

Menurut Yoan Yahya, pentolan 2W Marketing  PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), selalu yang duluan ikut akan diuntungkan dalalam hal temuan teknologi kecepatan. Dan Suzuki tahu mana yang harus diikut pada kelas-kelas IP.  “Selanjutnya SIS akan menembangkan soal pembibitan pembalap dari IP ke ARRC. IP ini hanya tolok ukur ke jenjang berikutnya,” kata Yoan soal keberhasilan IP harus berlanjut ke jenjang internasional.

Iternasional itu, SIS akan berpartisipasi di Asia Road Racing Championship yang tahun depan akan membuka OMR Suzuki FU. Tentu para calonnya mereka yang berprestasi dari IP. “Kalau untuk supersports 600, nanti diumumkan di IP Binuang posisi Suzuki Indonesia. Tapi untuk FU yakinlah akan ada wakilnya,” tegas Yoan.

Serius soal kebangkitan nih. Rzk

BACA JUGA

Klasemen IndoPrix 2014

IndoPrix 2014 Seri 5 Balipat Binuang: Pembalap Kawasaki Sebagai Tuan Rumah

IndoPrix 2014 Seri 5 Binuang (Jelang): Kans Honda Yang Tipis Di IP110

BalapMotor Dan Harian: Temuan Terbaru Ohlins 2014, Kinerja Sokbreker Depan Bebek Mumpuni

IndoPrix 2014 Seri 5 Binuang (Jelang): Underbone IP125 Masih Ketat, Hendriansyah Latihan Keras

BAGIKAN