nhk

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu; Balap Tertinggi Indonesia Jadi Fun Race, Macam Mana Panitia!

 

 

ManiakMotor Nanti bila ada siaran langsung IndoPrix di tv, Minggu 12 Oktober, itu hanya pura-pura. Peserta pada Sabtu 11 Oktober lewat pertemuan marathon menolak diambil poin, lantaran pengaspalan ulang Skyland, Sekayu, Muba, Sumsel, kualitasnya sangat rendah. Aspal sirkuit tergali dalam-dalam saat digunakan latihan. Jalur balap berlubang macam rat atau jalur tikus pada isitlah motocross tergali oleh roda motor.

Jauh sebelum seri-4 IP, Irwan Ardiansyah (Yamaha Yamalube Nissin Gandasari) telah mewanti. Katanya, ia minta kondisi aspal Skyland wajib diinspeksi menyangkut safety. Usaha itu ditunjukan berkomunikasi by phone pada beberapa yang kompeten di Indospeed sebagai penyelenggara IP. “Ini serius. IP lambang tertinggi balap motor Indonesia. Seharusnya panitia juga mencontohkan level tertinggi,” kritik Irwan saat meeting Sabtu dengan panitia.

Diakui oleh Irwan, bahwa Eddy Horison sebagai race director IP yang kapasitasnya lebih berperan, tak termasuk yang ia hubungi. Bahkan, Irwan mengusulkan membawa test rider  menguji trek. Beberapa usulan tadi ditindaklanjuti penyelenggara, yakni dengan pengaspalan ulang total (3 minggu sebelumnya).

Beberapa pembalap yang diminta test rider tak terealisasi, ”Itu penting, kan pembalap yang merasakan. Kalau ternyata kondisi aspal tidak layak, bisa terdeteksi sejak awal. Bukan buru-buru dibenahi seperti Sabtu 11 Oktober,” tegas Irwan pada portal ini seraya bilang kali pertama datang ke lintasan sudah punya ‘firasat’ itu. 

Benar saja, dicoba beberapa hari sebelum free practice (FP) dan QTT  (Sabtu, 11/10) mayoritas pembalap sudah jumpalitan. Apalagi kolo bukan efek dari kondisi trek yang tergali tadi, “Saya rasa teknik pengaspalannya yang tidak benar, bahan pelapis juga kurang. Beberapa titik justru mengelupas dan membentuk lubang dan licin. Menghindari lubang berarti mengubah racing line. Di road race itu  cara bahaya,” nilai H.A Yudistira (Kawasaki Manual Tech Rextor) dan Wahyu Widodo (Honda Daya  IRC).

Puncaknya, seperti dikabarkan setelah menempuh FP 1-3 (IP110), FP 1-2 (IP125), FP 1-2 (IP150) balap dihentikan. Setelah itu  berakhir dengan keputusan, bahwa IP seri 4 tetap dijalankan dan live di Indosiar (14.00-16. 00WIB) walaupun hanya fun race.

Itu sama juga, no poin, no podium, no celebration. Ya nggak ada amplop hadiah juga, hehe. Untuk balap dengan level tertinggi, ya gimana gitu. “Kami telah berusaha melakukan pengaspalan Sabtu 11 Okober, namun keputusan ada di tangan pembalap,” kata Horisan dengan lunglai.

Sangat dihargai upaya penyelenggara. Mereka memenuhi kompensasi dari peserta, pengaspalan ulang, bahkan last minute dalam waktu semalam akan diupayakan pengaspalan kualitas terbaik. Tapi besok sudah raceday, dan tak mungkin lagi untuk coba-coba,” kompak Rudi Hadinata, bos Yamaha Tri Jaya dan Benny Djati Utomo, komandan Astra Motor Racing Team (ART).

Lanjut keduanya, “Nyatanya panitia berjanji bisa diaspal bagus, kenapa tak sejak awal diupayakan seperti itu. Hal ini tentu menyangkut banyak pihak yang berkepentingan, rugi materi sudah pasti. Tapi, kami bertanggung jawab penuh dengan keselamatan pembalap dan pihak keluarga. Jenjang karier mereka juga harus diperhitungkan,” tambah Rudi dan Benny mewakili suara manager-manager tim IP pada pertemuan dengan panitia.

Faktanya, suara pembalap yang diwakili Hendriansyah, Irwan Ardiansyah, Sudarmono, Florianus Roy, M. Fadli Imanudin, Harlan Fadillah, H. A Yudhistira sepakat, Bahwa kita mendapat pelajaran berharga di Skyland. Balap dengan level tertinggi di Indonesia, harus punya standarisasi trek yang tinggi pula. Kalo dihitung kerugian materi, semua dirugikan. Bisa saja berimbas ke sponsor, tapi sekali lagi ini pelajaran berharga. Semoga ke depan menjadi lebih baik,” kata Irwan selaku ‘ketua kelas’ dan disambut tangan oleh pembalap lain.  “Saya tak bisa memaksa mereka, apa pun safety di atas segala-galanya. Itu kata kuncinya,” tutup Edi Horison.

Belajarlah…! Ardel

BACA JUGA

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu: Siaran Langsung TV Harusnya Terus Terang Kondisi Sebenarnya!!!

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu Seri 4: Sirkuit Rusak, Peserta Menolak Tanding, Jadinya Fun Race

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu, Muba: Seri 4 Terancam Batal, Aspal Sirkuit Hancur

IndoPrix (IP) 2014; Skyland, Sekayu; Latihan Kamis, Hedriansyah Tercepat, Tantang Pabrikan!

BAGIKAN