nhk

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu; Final Binuang Vs Sentul Besar? Balap Motor Tercoreng

 

 

ManiakMotor – Protes peserta seri-4 IndoPrix (IP) terhadap kondisi lintasan sirkuit Skyland, Sekayu, Muba, Sumsel berimbas pada seri berikutnya. Bisa saja ‘tragedi’ Skyland terulang di sirkuit Balipat, Binuang, Kalsel. Sirkuit ini langganan  menggelar seri final.

“Saat ini Balipat pun sedang dalam proses berbenah. Mampukah diselesaikan dengan kualitas aspal yang memenuhi standart? Dimiinta ketegasan penyelenggara. Jangan seperti seri-4 ini, dijanjikan sejak seri-2 lalu, faktanya?” kata Supriyanto, Manager Motosport Yamaha Indonesia semberi bertanya yang banyak arti. Ya aritnya, artinya, artinya….

Ketegasan ini diperlukan agar ‘insiden’ Sekayu yang jadi catatan suram otosport Indonesia tak terulang. Pasti suramlah bro, dana miliyaran mengalir dari tim, sponsor dan panitia ke Sekayu jadi ‘mubazir’. Mengangkat kembali citra balapan dalam kasta tertinggi di tanah air ini, harus digarap profesional. “Kepastian seri final juga menyangkut strategi tim. Bisa saja kami mengunci lebih awal dua gelar di Sekayu ini, bila balapan nomal,” sambung Supriyanto seraya bilang bila Binuang tak siap, Sentul Besar adalah pilihan logis. Sewa sirkuit yang disebut tinggi itu, Supriyanto tegaskan bersedia berkomunikasi dengan peserta dan pabrikan lain. Tuh kan!

Ibnu Sambodo, pawang Kawasaki Manual Tech pun mengatakan hal yang sama, “Sebut sirkuit harus safety, memang di seri-seri sebelumnya sudah safety betul???? Bahkan, pernah dalam kondisi hujan dengan ban kering tetap diteruskan. Seri-4 ini tak harus begini kolo penyelenggara tahu akar masalah. Makanya, seri 5 harus dipastikan Binuang atau Sentul Besar,” kata Pak Dhe, sapaan akrab begawan 4-tak asal Jogja itu.

Bennydjati Utomo komandan Astra Motor Racing Team (ART) merespon positif di Sentul Besar. “Itu lebih bagus, sirkuitnya tersedia tanpa harus menduga-duga,” jelas Benny.  “IP 150 seri 4 ini kami menolak untuk melanjutkan, apalagi sekadar fun race. Edukasi tentang safety sirkuit tetap utama. Bila Binuang tak memungkinkan, Sentul Besar pilihan yang tepat,” dukung Yohan Yahya, GM 2W Marketing & Business Development PT Suzuki Indomobil Sales. Nah lo, kemarin ada di tv siaran 150. Waduh…

Eddy Horison yang menjadi race director IP lebih banyak diam setiap kali diajak bicara. Entalah apa yang bikin dia diam. Maklum bila menyalahkan PP IMI yang bertugas menginpeksi sirkuit, seluruh pengurus IndoSpeed mereka yang pernah duduk di bangku IMI mengurus soal balap motor. Bahkan ada yang masih aktif seperti Horison. “Bagaimana lagi???” itu yang diucapkan Horison setiap kali bicara.

Helmy Sungkar promotor kawakan tak mau berkomentar soal IP jadi fun race. Ia cuma cerita aspal sirkuit Park Kenjeran, Surabaya, Jatim yang puluhan tahun dikelolanya. Katanya sampai sekarang itu aspal Kenjeran masih kuat, walau sudah delapan tahun lalu diaspal ulang. “Setahu saya, lapisan terakhir harus menggunakan hot mix. Model aspal seperti ini sudah dimasak matang dari Pertamina dan dalam keadaan panas dibawa ke Kenjeran,” jelas Helmy sembari bilang model aspal seperti itu memang butuh dana lebih besar.

Sama dengan Eddy Saputra yang juga tak mau berkomentar banyak, namun mengingatkan IndoPrix saat ini menjadi panutan balap motor Indonesia. Semua merek pabrikan ikut di sana yang artinya secara internasional juga dikenal lewat orang-orang Jepang yang meluluskan promosi di balap motor. “Di situ harus kuat visi dan misi balapannya,” kata Saputra yang hati-hati bicara. Tapi dia aktif sebagai pengamat, pemilik tim supersports 600 dan hanya pernah disebut pengganti Bambang Gunardi di Biro Olahraga Roda Dua PP IMI.

Eh mungkin juga, karena Bambang Gunardi masih kurang sehat, muncul masalah. Makanya cepat sehat pak. Ardel/Miolo

BACA JUGA

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu: Siaran Langsung TV Harusnya Terus Terang Kondisi Sebenarnya!!!

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu; Balap Tertinggi Indonesia Jadi Fun Race, Macam Mana Panitia!

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu Seri 4: Sirkuit Rusak, Peserta Menolak Tanding, Jadinya Fun Race

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu, Muba: Seri 4 Terancam Batal, Aspal Sirkuit Hancur

IndoPrix 2014 Skyland Sekayu; Seharusnya Yamaha Mengunci Gelar di Seri 4 Indoprix

BAGIKAN