nhk

IndoPrix 2014 : SkyLand Sirkuit Rp 30 Milyar Jadi Seri Pembuka


ManiakMotor – Sirkuit di Sekayu, kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan ini dibangun untuk  PON (Pekan Olahraga Nasional) 2004.  Nama sirkuitnya Skyland yang dibangun dengan Rp 30 Milyar. Rencananya seri perdana IndoPrix (IP) 2014 akan dihajat di sana.

Sirkuit sepanjang 2,1 km terbengkalai, karena setelah PON 2004 dilanjut IP 2007, semenjak itu tidak ada lagi hajatan bertaraf nasional. Terakhir dipakai pada 9 November 2013 dalam acara Bupati Road Race Championship. Padahal inilah trek yang ‘adil’ untuk semua bebek. Layoutnya harus dilibas mulai dari putaran bawah, tengah sampai atas.

Apalagi dibalapkannya kelas IP 150, ini sirkuit layak mengadu skill pembalap dan power mesin. Saat ini perbaikan sarana dan prasarana sedang terus dilakukan. Trek sebenarnya masih dalam kategori baik, aspal masih keras, namun akan lebih bagus jika dilakukan pelapisan lagi,” kata Bambang Gunardi, pimpinan IndoSpeed sekaligus ketua Bidang Olahraga PP IMI.

Ada 12 radius atau R  dalam satu putaran Skyland yang arah putarnya clock wise alias searah jarum jam, “Ini versi datarnya Binuang di Kalimantan Selatan sana, ada trek lurus panjang, tikungan cepat sampai tikungan berbalas. Menurut saya semua karakter motor punya kans yang sama, tinggal pembalapnya saja tahu ritme motornya,” kata M. Fadli yang pernah juara PON 2014 di sirkuit ini dengan Bebek 2-Tak seeded ketika itu. Fadli akan ikut IP dengan Honda AHRS 2014.

Jadwal tayang IP 2014 belum ada kepastian, antara Februari atau Maret. Jadwal sebelumnya katanya 16 Februari, tapi jadwal yang dilayangkan ke portal ini tertulis 16 Maret. “Yang jelas penggunaan sirkuit Skyland sudah pasti,” tukas Edison Wardana selaku penyelenggara IP2014. Adit

BACA JUGA

IndoPrix 2014: Tak Hanya Anggi Yang Dapat Kloning-an Jupiter Z1 Racing

IndoPrix 2014: Yamaha Trijaya, Kloning Z1 Racing Untuk Anggi

IndoPrix 2014; Jepang Menobatkan Sigit PD Rider Terbaik Indonesia

Indoprix 2014; Launching Tim RPM Medan, Duet Yoga-Reza, Duta Sumatera!

IndoPrix 2014: IRC Mundur, Blusukan Ke Daerah, FDR Masuk..!

 

 

 

 

 

BAGIKAN