nhk

IndoPrix Kenjeran 2013; Kawasaki Edge Coba Curi Podium

 


ManiakMotor – Kawasaki Edge akan tetap incar lima besar di seri dua IndoPrix 2013 di sirkuit Kenjeran, Minggu ini atau 13 – 14 April 2013. Alasannya, model Kenjeran tidak beda-beda amat dengan Sentul Kecil. Perbaikan menghadapi seri dua pada Edge di IP 110 dan IP 125 cc di Kenjeran lebih memaksimalkan lincahan mesin, sasis dan termasuk jokinya.

Bagi Ibnu Sambodo yang membina Kawasaki Manual Tech IRC Rextor (KMTIR), perbaikan pada speksifikasi sasis dan mesin hanya untuk membantu kinerja joki di Kenjeran, agar tidak terkuras fisiknya. “Karena pembalap otomatis harus lincah, itu fokusnya.  Setting hanya membantu mereka. Target tetap ke podium dan minimum 5 besar. Karena Kenjeran bukan sirkuitnya Kawasaki, tipis-tipis dengan Sentul Kecil,” jelas Pakdhe Ibnu dari markasnya di Jogjakarta.

Spek mesin Edge memang timpang dengan tiga lawannya di IP seperti Yamaha, Honda dan Suzuki. Edge maunya panteng terus seperti sirkuit Sentul Besar dan Balipat di Binuang. Karena langkah toraknya jauh lebih pendek dari pada diameter silinder. Itu berpengaruh pada cara bawa joki. Mesin kurang tendangan dari bawah, ya motor kurang lincah juga pada tarikan-tarikan awal.  

Makanya saat ini,  joki andalan KMTIR, H Yudhistira dan Gupita Kresna sedang belajar tari Bali, supaya organ tubuh mereka agresif. “Yang benar saya latihan fisik di IRA MX. Fokusnya pada koordinasi tubuh untuk menambah kelincahan menghendling motor,” jelas Yudhis  yang mantan juara IP125 pada 2012 itu.

 Ooo, jadi bukan tari Bali, ya. Ito

BERITA TERKAIT

IndoPrix Sentul 2013; Sebenarnya Kawasaki Tidak Gentar Lawan Injeksi..!

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran; ART Tetap Injeksi Hasil Karya Anak Negeri

Jelang IndoPrix Kenjeran 2013; Jupiter Z1 Kata Rossi-Lorenzo ‘Wantap’, Layak Tanding Seri-2 IP

IndoPrix 2013; Lho, Pakai Pertamax Plus Malah Kencang, Pecahkan Rekor..!

IndoPrix Sentul 2013; Mesin Dulu Kencang, Baru Elektronik Injeksinya

BAGIKAN