nhk

IndoPrix Kenjeran, Yamaha Serbabisa Di Semua Sirkuit..!

 

ManiakMotor – Di sirkuit mana pun Yamaha jangan diragukan. Ada buktinya dengan klasemen 1 – 2 di dua kelas bergengsi IP diisi Yamaha. Di tiga model sirkuit dilewati seri IndoPrix (IP) 2012 mereka masih dominan. 

Mau di sirkuit gede powernya nyampe, di sirkuit kecil rangkanya agresif dan mesin dilengkapi torsi besar. Jadinya bersaing sesama tim Yamaha. 

Yamaha hanya kalah di Kenjeran pada seri 2 di IP2 alias underbone 110 cc dari Honda.  Juga menyerah dari Kawasaki di IP1 alias underbone 125 cc di Sentul Besar ketika seri 3 IP. Bicara rangka Jupiter tidak ada lagi modifikasi sana-sini yang dilakakukan seperti Honda. Mereka tinggal memperkuat bagian dudukan mesin, itu motor langsung jadi. Langsung bisa dibalapkan, maksudnya.

“Tinggal ketelitian mekanik menyeting di tempat sesuai suhu sekitar. Juga meramu gigi rasio sesuai melonjaknya mesin dan karakter pembalapnya. Termasuk di dalamnya penyetelan suspensi,” papar Hawadis, tunner Yamaha Yamalube Nissin KYT Tunggal Jaya Pengorek  Jupiter Rafid Topan yang memimpin klasemen IP2.

Hawadis itu orang Madura, tetapi dia tidak jualan besi kiloan yang dia jual mesin balap jadi. Makanya dia sedang naik daun di Asia. Iya bro, sebab mesin Yamaha yang dipakai di ARRC rata-rata hasil korekannya. Entah itu dari Yamaha Malaysia dan Filipina. Kalau Thailand masih gengsi pesan mesin kiloan darinya. Wah…

Mesin, speksifikasi korekan sih sama rata. Di balap motor, walau korekanya dirahasiakan tetap saja bocor ke mana-mana. Ingat saja speksifikasi kem atau poros bubungan dari Swedia yang disembuyikan desainnya, eh bertelur juga pada sesama Yamaha dan bahkan jadi referensi durasi kem bebek merek lain. Jujur saja, salah satu melonjaknya kecepatan bebek saat ini, kem Swedia bagian dari lingkaran itu. 

Di Kenjeran nanti jelas ada dua kelebihan Yamaha, sasis tadi dan basis mesinnya sesuai bawaan pabrik yang long stroke.  Unggul di torsi dan unggul rangka yang mampu menyalurkan tenaga. “Betul soal setting di tempat jangan sampai keliru membacanya. Juga ketelitian pada semua bagian motor. Kekalahan utama selalu pada soal ini di balap bebek,”  jelas Koh Yonk, bos Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya, tempat Sigit PD membalap yang memimpin klasemen IP1 alias underbone 125 cc.

Wah sesama Yamaha dong. Miolo

BERITA TERKAIT:

IndoPrix Kenjeran, Sirkuitnya Honda Blade..?

IndoPrix Kenjeran, Sirkuit Nomor 2 Indonesia

Jelang IndoPrix Kenjeran, Klasemen Sudarmono Terancam

IndoPrix, Klasemen Sementara Sampai Seri 3

Tim Dan Pembalap IndoPrix 2012, Lengkap..!

All New Jupiter Z1, Turun Di IndoPrix Kenjeran

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353