nhk

IndoPrix Selayang Pandang, Mantap Neh..!

ManiakMotor – Format IndoPrix (IP) saat ini hanya pengulangan pasar senggol yang dikejurnaskan pertama 1995. Sama, mengembara seluruh Indonesia. Malah ketika itu variasi daerahnya lebih luas. Pernah di Irian, Palembang, Palangkaraya, Ujung Pandang, Kendari dan sebagainya. Dan paling disukai Tawang Mas, Semarang. “Saat ini hanya muter Kenjeran, Sentul dan Binuang. Bedanya ada siaran langsung tv,” kata Hadi Mulya alias Koh Acun yang dulu rambutnya putih, sekarang makin putih. Sebut saja dia pengamat, saban zaman dia selalu hadir di balap motor.

Para legenda kejurnas awal atau sekarang IP itu, ada yang aktif sebagai manajer, pemilik tim dan ada pula yang hilang. Juara nasional pertama kejurnas balap motor, macam Dicky Setiawan, komunitas kembali mengingatnya, setelah anaknya bernama Rossa jadi nominasi Indonesia Idol. “Masih ingin berkecimpung. Tetapi hati saya Suzuki, pabrik ini masih payah,” kata Dicky di aula RCTI saat mengantar si Rossa. Salam Dick, ke Rossa. Jangan diajak ke sirkuit, banyak batangan.  

Sebenarnya, balap bebek baru naik pamor setelah keluar dari sirkuit Ancol. Jika terus di sirkuit dekat sarana wisata itu, bebek terus kalah pamor. Petinggi Indonesia saat itu, hanya doyan balap moge yang punya jagoan Hendra Tirtasaputra (Abaw) dan Deden Arsyad. Bersyukur sirkuit Ancol ditutup 1992 dan diganti Sentul. Sentul dalam proses pembangunan, Ancol keburu dibongkar.  Dari sini sejarah IP dimulai, pak, sehingga jadi tarkam, klub event, kejurnda, kejurnas dan sekarang IP. Bahkan ada PON-nya. Kalau bukan itu, yang ngetop soal balap bebek adalah grasstrack yang ketika itu diikuti pabrikan.

Herman Gunardi dan Toddy Andries, sebagai ‘malaikat’ penampung dan memanfaatkan lahan parkir PRJ, Kemayoran. Munculah balap dadakan dan pasar senggol yang pesertanya masih pakai sepatu ABRI dan jins di PRJ. Tanpa ini, ya gak IP, pak. Gitu kali penjelasannya, supaya pemain kemarin sore mengerti. Maklum, baru tahu dikit balap motor, dadanya sudah membusung seolah paling tahu. Preeet…!

Honda dan Kawak masih tidur. Honda punya pembalap legenda, Mandra. “Aturan sekarang disempurnakan di Kemayoran. Ada dikit pembeda pada mesin 2-tak dan 4-tak,” papar Om Toddy dari rumahnya di kawasan Cirende, Depok atau di Selatan Jakarta yang tetap aktif di tarkam sampai kejurnas balap motor. Jelas saja dia bicara sejarah IP. Ya, dari situ, itu IP-nya. Dari Kemayoran itu. Ngerti gak, brur… Ah, si brur…

Pecetus kejurnas yang sekarang IP itu tiga serangkai, Dolly Indra Nsution, Bambang Gunardi dan Farryd Sungkar. Maaf ya bertiga itu, itu pun baru ramai dulu bTinggal dua yang kelihatan. Gunardi naik pangkat jury MotoGP dan Farryd penggagas balapan bebek modern di sirkuit yang disulap-sulap.  “Kejurnas 1995 itu kebetulan dapat sponsor besar, Bentoel. Seperti biasa, rokok tidak bertahan lama. Strategi pasar mereka sering berubah,” jelas Farryd yang terus menciptakan balap bebek tertib. Farryd pula pengelola Honda MS yang diperkuat Owie Nurhuda di balap itik masa kini yang 4-tak.   

Sistem mengembara ketegori seeded A dan B itu, sulit bertahan. Transportasi udara itu tiba-tiba melonjak. Sponsor mundur. Untuk mencapai Kendari, Sultra, one way alias satu arah Rp 2 juta, saat itu loh. “Tahun 2000 dirombak, agar daerah lebih rata dengan sistem region,” papar Gunardi yang saat itu Kepala Biro Olahraga Roda Dua PP IMI. Tentu saja bicara pada maniakmotor.com (MM). Bukan sekarang, dulu. Bicara soal balap per wilayah di Indonesia itu.

Bambang  mewujudkan mimpi dengan bantuan gagasan samping kiri-kanan soal IP. Termasuk mantan Ketua Umum PP IMI, Ari Batubara pada turnamen disebut supremasi balap motor Indonesia itu 2005. IP sudah tahun ke-6. IP hanya mengandalkan siaran langsung tanpa spectator alias penonton yang membludak. Kecuali yang pernah terjadi di Binuang, Kalsel.  Eh, sekarang, tetap ramai, ding, seperti seri ke-2 IP 2012 di Park Kenjeran, 24-27 Mei ini. Don Miolo

BERITA TERKAIT:
Tim Dan Pembalap IndoPrix 2012, Lengkap..!
IndoPrix, Klasemen Sementara Sampai Seri 2
Jupiter Z Topan Juara IP
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
IndoPrix Seri 2, Ini Yang Bikin Ketat…
IndoPrix 2012 Kenjeran, Power Vs IRC
IndoPrix Seri 2 Race 2 IP1, Widodo Loyo
IndoPrix Seri 2 Race 1 IP1, Yamaha Membalas
IndoPrix Seri 2 IP2, I Gede Arya Juaranya
IndoPrix Seri 2 Race-1, Hokky Membuktikan Omongan
IndoPrix Seri 2 Kenjeran, 13 Joki Disepak QTT
IndoPrix 2012 Kenjeran, Power Vs IRC
IndoPrix QTT IP1 Dan Hasil Superpole
IndoPrix Seri-2 Kenjeran, Yang Berhak Start
IndoPrix QTT IP2 Kenjeran, Posisi 1-28 Tidak Sampai 1 Detik..!
IndoPrix Latihan Ke-2, Momon Bersih, Motor Harlan Hancur!
IndoPrix Selayang Pandang, Mantap Neh..!
IndoPrix Kenjeran, Latihan Pertama Sudah 39 Detik
IndoPrix Seri 2 Kenjeran, Sudarmono
Anaknya Pak Dirman, Patah Beruntun..?
IndoPrix Seri 2 Kenjeran, Sudarmono
Hendri Patah Jari, Latihan IndoPrix
Hendriansyah Fokus Jadi Guru
Week End Racing…!
Mata Owi Nurhuda Resep Kencang Honda
 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353