nhk

Indoprix Sentul 2013, IRC Siapkan Wet, Medium, dan Slick Tire

 

ManiakMotor – Sebagai official tire alias ban resmi Indoprix (IP), wajar saja kalau IRC nge-branding di seputar sirkuit Sentul Kecil, sepanjang 16-17 Maret. Tapi lebih penting lagi, lompatan teknologi mesin bebek balap yang sudah injeksi, harus diimbangi kompon ban. Karet hitam itu harus bisa terima tenaga dan menyalurkannya ke aspal. Bila tidak, roda bebek itu akan kebanyakan spin. Untung saja, IRC siap setiap saat dan setia.

Lihat saja pasukannya pun banyak di pinggir sirkuit, dan semuanya  berseragam IRC. Bukan seragam lainlah, Lae! Di antara mereka terselip Noboru Makisaka. Bukan pembalap, bukan pula mekanik, tapi pemangku jabatan IRC Chief Representatif & Production Consultant di PT Gajah Tunggal Tbk selasku produsen IRC. Ya iya, ban yang dipakai semua kontestan IP.

Jepun yang satu itu datang ke Sentul bukan dengan tugas suka-suka. Ia bawa misi khusus IRC untuk mengembangkan ban-ban kompetisi IRC di lahan balap motor. Misalnya, ke depan tipe slick dan intermediate dengan berbagai variannya akn segera bisa dipakai. Termasuk kompon full wet tire. Itu tak lain dan tak bukan karena iklim tropis Indonesia yang sering hujan jadi identitas balapan. Jenis ban baru itu sudah diuji dan terus dikembangkan.

Termasuk dengan mencermati performa IRC di putaran pertama Indoprix 2013 ini. “Nantinya IRC akan punya ban kompetisi untuk semua kondisi trek. Tentunya riset teknologi di lintasan balap ini akan jadi masukan untuk pengembangan produk massal. Balap kan selalu jadi percobaan pertama sebelum di pasarkan secara umum,” terang Makisaka dengan bahasa dia sendiri yang campur Inggris sikit-sikit.

Harganya berapa ya? Halah, produksi saja belum sudah tanya harga. Sabar lae….sabar. “Yang jelas saat ini sedang diatur regulasi penggunaan slick dan turunnya di IP. Mudah-mudahan sudah bisa dipakai di seri 3 IP 2013. Karena bannya sudah 99 persen siap,” tutur Dodiyanto yang bukan orang Jepang, tetapi dia yang mendampingi Jepang ke mana-mana, termasuk dalam testing beberapa waktu lalu di sirkuit Kenjeran dan berlanjut ke Sentul ini! Andro

Berita Terkait

Hasil Drag Bike Wates, Jateng, 17 Maret 2013

Balap Motor 2013, IRC Keluarkan Slick Dan Wet Tire, Diuji Di Kenjeran

IndoPrix Sentul 2013; Harlan Fadhillah, Pembalap ‘Aneh’

IndoPrix Sentul 2013, Race2 IP125, Injeksi Anti-Klimaks

IndoPrix Sentul 2013; Race-2 IP2, Milik Karbu

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353