nhk

IndoPrix Sentul 2013; Kayaba VS Ohlins

 

 

ManiakMotor – Di IndoPrix 2013 seri pertama di Sentul Kecil, 16 – 17 Maret 2013, motor-motor balap bebek itu rada tenang berlari. Tenang di balap motor, bukan tenang seperti menikmati pemandangan di kaki gunung. Tenang yang ini malah membuat pembalapnya makin cepat. Setiap gejala roda kelebihan putaran, perpindahan bobot yang mendadak  atau roda melindas trek yang keriting langsung ditenangkan sokbreker supercanggih untuk ukuran bebek. Pokoknya pada tenang, makanya jangan berisik.

Ohlins dan Kayaba yang bisa menenangkan motor yang pecicilan tersebut. Kedua merek ini sudah terkenal di medan racing. “Sebelumnya telah ada Ohlins beredar di Indonesia yang masuk secara umum. Tapi, mulai tahun ini,  Ohlins yang dijual di Indonesia telah diset-up sesuai kinerja mesin, bobot bebek dan pembalapnya sendiri. Itu pun masih bisa disetel ulang dengan kondisi sirkuit. Juga bisa disegarkan kembali dengan mengganti suku cadang pentingnya,” jelas Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia. Sedang Kayaba dibawa para teknisi Jepang yang sudah satu paket bersama Jupiter Z1 injeksi.

Di race-1 IP1 alias underbone 125 cc, kedua suspensi dengan jelas menenangkan pacuan Sudarmono dan Harlan Fadhilah.  Sudarmono wakil Kayaba dan Harlan pengguna Ohlins. Untuk Kayaba bila  dirupiahkan mencapai Rp 25 juta. “Kekentalan oli, tingkat rebound dan pegasnya sudah disetel sesuai bobot saya bersama ban IRC,” kata Sudarmono yang membela Yamaha Yamalube Trijaya, pembalap Jogja ini dipercaya sebagai ujung tombak pemacu Jupiter Z1 injeksi proyek Jepang.

Itu sama diamnya dengan Jupiter Z Harlan yang versi karbu. Harlan yang memperkuat Pertamina Enduro BRT Nissin Team yang motornya masih pecicilan ala karbu, toh bisa dissssttt… maksudnya disuruh tenang sama Ohlins. Sokbreker seharga Rp 17 jeti itu, disetel teknisi Ohlins Indonesia sesuai karakter Harlan. “Setelan sokbreker ini baru didapat Jumat (15/3) saat sesi latihan bebas. Terutama susunan valve pengatur sirkulasi oli-nya,” kata Harlan yang kembali terbinar-binar karena nyaris dua tahun IP namanya kurang disebut-sebut.

Sekarang disebut terus. Ghal

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi IndoPrix 2013 Sentul, 16 – 17 Maret 2013

Sokbreker Öhlins Masuk Indonesia

Indoprix Sentul 2013, IRC Siapkan Wet, Medium, dan Slick Tire

IndoPrix Sentul 2013; Harlan Fadhillah, Pembalap ‘Aneh’

IndoPrix Sentul 2013, Race2 IP125, Injeksi Anti-Klimaks

IndoPrix Sentul 2013; Race-2 IP2, Milik Karbu

BAGIKAN