nhk

IndoPrix Sentul 2013; Pembalap Jepang 57 Detik Bersih, Rapi Bawanya

 

ManiakMotor – Rapi bawa motornya. Yang disebut rapi di balap motor bukan wajah ganteng dan baju balap kinclong dan sepatu balap necis, bukan itu. Tapi rapi dalam berlari pada racing line. Rapi dalam menggerakkan badan untuk menikung kiri dan ke kanan. Rapi dalam out-in-out masuk dan keluar  tikungan. Bahkan rapi dalam memelintir irama mesin di sirkuit sampai melakukan pengereman pada jarak yang sama. 

Itulah Keisuke Maeda pembalap Jepang yang memperkuat Yamaha TJM dalam latihan percobaan Pertamax Plus di sirkuit Gokart, Sentul, 14 Maret 2013. Nama Maeda memang masih gelap dalam percaturan balap motor dunia, apalagi di Indonesia. Tetapi pembalap dari wajahnya masih di bawah 20 tahun itu – karena saat diwawancara tidak ada penerjemah Jepang, juga reporter yang datang ke Sentul hanya menguasai bahsa Sunda – nah silakan tebak sendiri umurnya, hehehe. Pokoknya gitu deh, dari wajah sih masih ABG. Tubuhnya rada gempal dan dia bukan pemuda berbadan gelap.

Yang jelas dia langsung menyatu dengan bebek Jupiter Z versi karbu milik TJM. Kecepatannya dipantau portal ini telah konsisten berlari 57 detik di IP125. Laju segitu sudah setara dengan para pembalap papan atas yang masuk tiga besar saat lomba di IP1 tersebut. Bila dihitung rata-rata dengan yang tercepat saat latihan, dia bisa bersaing dengan Denny Triyugo yang memacu Honda Supra injeksi milik Astra Honda Racing (ART). Bahkan dengan dua pembalap TJM sendiri yakni Rey Ratukore dan Fitriansyah Kete.

Di R1 sampai R5 yang dikenal paling sulit di Sentul Kecil mampu dirawatnya dengan rapi. Sejak masuk di R1, doski telah memposisikan motor paling luar di depan garis start tersebut. Rpmnya dan zig-zagnya nyaris tanpa cela. Nah, sebenarnya yang mencatat waktu 57 detik koma kecil ini si Jepang tersebut. “Ah bukan dia (Maeda), benar Jupiter Z1 injeksi, kok,” jelas Ade Taruna, manajer TJM yang juga kesulitan bahasa dengan Maeda. Maklum Ade yang mantan pembalap itu, lebih mahir pakai bahasa Betawi.

Nah tinggal tunggu pembalap Jepang yang mewakili Suzuki di Kamis ini tidak muncul. Mudah-mudahan dia bisa bahasa Sunda. Adit

BERITA TERKAIT:

Tim Dan Pembalap IndoPrix 2013

IndoPrix 2013 Diikuti Dua Pembalap Jepang

Jelang IndoPrix Sentul 2013; Pakai Oktan 95 Injeksi Honda Dan Yamaha Sama-Sama 57 Detik

Launching IndoPrix 2013, Barometer Balap Bebek Asia

Jelang IndoPrix Sentul 2013; Injeksi Vs Injeksi, Karbu Pemenangnya

Yamaha All New Jupiter Z1 Injeksi IndoPrix 2013, Mengalir Dari R1-R5 Sentul Kecil

 

 

 

 

BAGIKAN