nhk

IndoPrix Sentul 2013; Race-1 IP110, Injeksi Yang Podium

 

ManiakMotor – Engine on…! Start race-1 IP110 cc pasti ditunggu, paling tidak oleh portal ini yang hadir di sisi sirkuit Sentul International Karting. Di kelas ini ada tiga Yamaha Jupiter Z1 Injeksi yang diadu pertama kali di seri perdana IndoPrix 2013. Race ini berlangsung 17 Maret 2013. Injeksi dapat perlawanan hanya lap-lap awal dari Jupiter Z Fitriansyah Kete (karbu) dan Honda Blade Wahyu Widodo (karbu).

Sejak start sampai pertengahan lomba bergantian empat pembalap, dua injeksi dan dua karbu. Dari empat motor tersebut, satunya Honda milik Widodo yang memperkuat Daya Honda NHK. Keempatnya ketat mirip celana ABG. Tetapi dalam lomba yang rapat, kelebihan injeksi yang muncul. “Motornya tidak pernah drop dalam 25 lap. Saya malah mendapat posisi pertama saat lima lap terakhir,” jelas Sudarmono, pembalap Yamaha KYT Trijaya.

Dalam race ini, Sudarmono memakai final gir 13:18. Speksifikasi yang lain masih dilacak dengan menyambung kata demi kalimat dalam bahasa Jepang. Maklum, model mesin injeksi tidak seperti tim lain yang langsung urai onderdil ganti ini dan itu usai race. Bila power mesin injeksi melamah, segelondong mesin sampai girboks yang diganti untuh. Tidak ada cerita hanya kampas kopling yang ditukar dengan yang segar. Canggih memang, macam MotoGP versi bebek. 

Daya tahan injeksi yang diprogram oleh Two D atau apa pun namanya, ditopang suspensi Kayaba dan dialas ban IRC, membuat motornya kian ‘diam’ dalam 14 tikungan Sentul Kecil. Sudarmono dan Sigit PD yang merupakan kakak adik penggeber injeksi, halus dan muyus berlomba dalam 31,5 km. Ya jarak itu dikalikan  25 lap dengan panjang Sentul Kecil 1,26 km.

Badingkan dengan dua karburator yang mengendur di 7 lap terakhir. Asal tahu saja, sebenarnya versi karbu Honda Widodo dan Kete tidak kalah cepat. Tetapi kalah halus dibanding dua injeksi Sudarmono dan Sigit yang memperkuat Yamaha NHK IRC Yonk Jaya. Hehe, bisa jadi sebaliknya pembalapnya ikut kendur, karena berusaha mengimbangi halusnya injeksi. 

Sementara Jupiter Z1 Injeksi yang dipacu Rey Ratukore terlibat insiden dengan Hokky Krisdianto. Rey malah tidak melanjutkan lomba dan memilih menolong Hokky. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi IndoPrix 2013 Sentul, 16 – 17 Maret 2013

IndoPrix Sentul 2013; Harlan Fadhillah, Pembalap ‘Aneh’

IndoPrix Sentul 2013, Race2 IP125, Injeksi Anti-Klimaks

IndoPrix 2013, World Series Underbone

Indoprix 2013, Live TV Gaya MotoGP

IndoPrix Sentul 2013, Superpole IP125, Sudarmono Pertajam Rekor 57.342 Detik

IndoPrix Sentul 2013: QTT IP2 (110 cc) Sudarmono, 57.9 Detik Jupiter Z1, Rekor…!

 

 

 

 

BAGIKAN