nhk

IndoPrix Sentul 2013; Race-2 IP2, Milik Karbu

 

ManiakMotor – Perjalanan race-2 IP2 atau 110 cc saat sirkuit sempat lembab, tapi mengering ulang karena hujannya kencil.  Sejak awal lomba dua bebek karbu langsung memimpin. Yakni, Honda Blade Wahyu Widodo dan Yamaha Jupiter Z Ftriansyah Kete. Di seri pertama IP 2013 ini, Widodo yang memperkuat Daya Honda NHK IRC memang ancaman untuk Yamaha dalam event yang diputar 17 Maret 2013 itu.

Bahkan Jupiter Z1 yang dipacu Sudarmono dari Yamaha Yamalube Trijaya, sulit untuk menyodoknya. Itu motor sama lincahnya dengan Yamaha. “Sasis kan saya sudah utak-atik. Titik dari kruk-as ke roda depan dan belakang kini sudah seimbang jaraknya. Sedang mesin pakai kompresi 12,5:1 untuk Pertamax, ternyata putaran mesinnya lebih tinggi,” kekeh Rawal Lasut, pemimpin tim yang dibela Widodo.

Ya boleh saja begitu, tapi di race dua ini Kete bermain cantik tanpa melakukan kesalahan secuil pun. Bahkan, mampu menahan Widodo. Kete yang memanasi bannya sebelum lomba ternyata mujarab membuat startnya melejit. “Bukan soal ban, tetapi mesinnya memang kencang. Kompresi saja saya patok 12,9:1, itu termasuk tinggi untuk bensin oktan 95. Memang dibanding race-1, cuaca di race 2 mendukng untuk ketahanan mesin,” jelas Hawadis mekaknik Yamaha TJM yang mengorek motor Kete.

Dengan cuaca yang berubah tiba-tiba dari basah kering bikin Jupiter Z1 yang sudah injeksi mungkin kelabakan. Maklum, motornya baru riset. Mirip saat sesi superpole kemarin saat terjadi perubahan suhu yang tiba-tiba, injeksi juga berubah melemah. “Saya tertahan lama di rombongan tengah. Karena ban kelamaan panas,” kata Sudarnono yang harus puas di posisi ke-3.

Riset lagi deh, kalah sama dua karbu tuh. Adit

BERITA TERKAIT

Hasil Semua Sesi IndoPrix 2013 Sentul, 16 – 17 Maret 2013

Indoprix 2013, Teknologi Injeksi di Sentul, Hanya Satu Bikin Geger

IndoPrix Sentul 2013; Race-1 IP125, Sudarmono Membuktikan Duluan Pakai Injeksi

IndoPrix Sentul 2013; Race-1 IP110, Injeksi Yang Podium

IndoPrix 2013, World Series Underbone

 

BAGIKAN