nhk

IndoPrix Sentul 2013, Race2 IP125, Injeksi Anti-Klimaks

 

ManiakMotor – Jupiter Z1 tunggangan Sudarmono tunggang langgang di gelanggang race-2 IP125. Ya sudah, itu membuat injeksi anti klimaks di race yang disiarkan langsung tv tersebut. Pasti sampeyan juga nonton. Makanya race kedua ini giliran Jupiter Z tanpa 1 alias Jupiter karbu yang juara, bahkan dua Jupiter karbu saling susul  di seri pertama IndoPrix 2013 di Sentul International Karting, Bogor, Jawa Barat, 17 Maret 2013.

Harlan Fadhillah dari tim Pertamina Enduro BRT Nissin dan Anggi Permana yang satu tim dengan Sudarmono yang naik podium 1-2. “Saya rasa para pemain injeksi terlalu capek, karena dalam tiga minggu ini dipaksa risset Pertamax Plus. Itu kan mengubah semua program ECU. Bisa juga para insiyur Jepang terlalu percaya diri, sehingga kecepatan Jupiter Z1 menurun di race-2 dalam dua kelas,” analis Edmon Cho alias Obos mantan pimpinan motorsports Yamaha Indonesia.

Semakin anti yang ditambah klimas, Honda Supra 125 injeksi yang dua seri akhir tahun lalu memesona, 2013 ini kurang gigitannya. Motor milik Astra Motor Racing Team yang dikemudi Denny Triyugo Laksono dan Iswandi Muis itu malah kesulitan masuk lima besar. “Semua perangkat injeksi yang tahun lalu kencang masih dibawa ke Jepang. Yang dipakai di seri ini hasil karya otak Indonesia di ART,” alasan Anggono Iriawan, manajer motorsports Astra Honda Motor.

Hasilnya adalah race-2 karbu yang dipacu Anggi dan Harlan yang kampiun. Yang mengagetkan Jupiter Z1 Harlan hanya memiliki kompresi 12,1:1. “Putaran atasnya jalan, namun di bawah harus rajin panteng gas agar mesin tetap teriak, settingan seperti ini butuh hapalan sirkuit,” kata Harlan mengisi angin IRC Razzo 166 dengan tekanan 17 psi, karena perubahan cuaca. Sementara motor Anggi yang di setting oleh Hari Sakti Wibowo alias Mlentis mematok di angka tengah-tengah, Mlentis menyebut kompresinya 12,5:1.

Aksi kejar-kejaran pembalap beda generasi ini memang rapat, bahkan Anggi dan Harlan finish berdampingan dengan selisih 0.008 detik. Namun, ban depan Anggi menyentuh garis finish pertama kali di lap ke-25 atau lap terakhir. “Saya terlalu tergesa-gesa mengambil posisi Wahyu Widodo, itu yang membuat saya jatuh,” sesal Sudarmono sembari terlihat menyesal. Padahal Sudarmono tidak permain pol-polan di race-2 IP2 demi untuk race-2 IP1. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi IndoPrix 2013 Sentul, 16 – 17 Maret 2013

IndoPrix Sentul 2013; Race-2 IP2, Milik Karbu

Indoprix 2013, Teknologi Injeksi di Sentul, Hanya Satu Bikin Geger

IndoPrix Sentul 2013; Race-1 IP125, Sudarmono Membuktikan Duluan Pakai Injeksi

IndoPrix Sentul 2013; Race-1 IP110, Injeksi Yang Podium

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353