nhk

IndoPrix Sentul 2013; Sebenarnya Kawasaki Tidak Gentar Lawan Injeksi..!

 

ManiakMotor – Kawasaki dari tahun ke tahun ikut IndoPrix (IP) hanya ada dua bebek yang namanya Kawak Edge. Juga selalu punya target yang berbeda jika bermain di Sentul Kecil atau Sentul International Kartin (SIK) dan Sentul Besar (SB). Seperti seri pertama IndoPrix 2013 di SK, 16 – 17 Maret 2013 targetnya cukup dapat poin. “Kalau bisa lima besar,” kata Ibnu Sambodo, pawang Kawasaki Manual Tech IRC (KMTI) yang menjagokan Yudhistra dan Gupita Kresna di IP1 dan IP2.

Alasan KMT kurang nafsu untuk juara di SIK, karena memang sulit juara, hehehe. Katanya, mau keriting juga otak, tetap  berat melawan Yamaha dan Honda di situ. Pertama speksifikasi dasar mesin Edge yang overbore. Bahkan jauh dibanding tiga merek kontestan IP. Bayangkan, stroke standar Edge adalah 50 mm. Lalu, bandingkan dengan Honda Blade yang langkah toraknya 55,6 mm. Ada selisih 6,6 mm.  Makin jauh bila diukur dengan Yamaha.

Bumerang lagi bila diover-size jadi 125 cc, itu mesin inginnya full gas terus yang artinya menghindari tikungan yang banyak. Makanya cocoknya di Sentul besar, memang. Sebab Sentul Besar yang sudah besar, cuma ada 12 tikungan. Lalu bandingkan dengan SIK yang kecil karena memang sirkuit kecil, tetapi ada 14 tikungan.

“Memang SIK putarannya menengah ke atas. Tetapi, tanggung. Lebih banyak bermain di gigi tiga putaran tingginya, ini antinya Edge,” tambah Ibnu sembari bersemangat bila cerita bermain di Sentul Besar. Karena Edge akan jalan di situ. Bahkan dia hanya senyum-syum akan diadu dengan injeksi. Senyumnya itu loh, senyum yakin menang. Senyum seorang tunner, ya beda dengan senyuman sampeyan.

Tragisnya di IP1 atau 125 cc yang mengantar Kawak juara IP 2012 lewat Yudhistira di seri perdana ini, Yudhis hanya ke-9. Tidak masuk dalam target. Yudhis di race-1 terlibat insiden dengan Denny Triyugo. Sedang di race-2 dia hanya ke-7. “Saya kelamaan di barisan tengah di race-2. Sulit lepas untuk maju ke depan,” jelas Yudhis yang tahun ini sebenarnya difokuskan ke supersports, namun masih sayang dengan gelar juara IP125 yang direbutnya tahun lalu. Untung terbayar di IP2 yang juga Yudhistira berada di limas besar. “Ini pekerjaan berat untuk mengejarnya,” kata Ibnu.

Ya sudah, tunggu seri 2 di Kenjeran bulan depan. Ghal  

BERITA TERKAIT

Hasil Semua Sesi IndoPrix 2013 Sentul, 16 – 17 Maret 2013

IndoPrix Sentul 2013, Race2 IP125, Injeksi Anti-Klimaks

Indoprix Sentul 2013, Matik Paddock Yamaha, Liverinya Cantik

IndoPrix Sentul 2013; Kayaba VS Ohlins

Indoprix Sentul 2013, IRC Siapkan Wet, Medium, dan Slick Tire

IndoPrix Sentul 2013; Harlan Fadhillah, Pembalap ‘Aneh’

 

BAGIKAN