nhk

IndoPrix Sentul 2013, Superpole IP125, Sudarmono Pertajam Rekor 57.342 Detik


ManiakMotor – Pada sesi QTT IP 125, Sabtu (16/3) siang, tidak ada catatan waktu fantastis. Rekor milik Hokky Krisdianto pada 2010 yang 58,014 detik menempuh satu putaran di Sentul International Karting, Bogor, Jawa Barat, masih bertahan. Baru pada Superpole (SP) ke-2 catatan tadi diperbaharui Sudarmono dengan Yamaha Jupiter Z1 Injeksi.

Ibnu Sambodo, pawang dari Kawasaki Manual Tech wajib juga mengamati injeksi. Katanya, kecepatan jupiter Z1 tidak semata karena injeksi yang dikelola program TwoD, tetapi semuanya dikendalikan mesin. “Silakan lihat mesin Jupiter Z1 yang dibuat di Jepang, itu bukan lawan mekanil Indonesia. Jenis mesinnya bukan dikorek, tetapi dicetak dan jadinya mesin prototipe underbone,” jelas Ibnu tanpa bermaksud iri atau apa pun namanya. Sebab dengan posisi pembalap Kawasaki yang masuk lima besar sudah cukup baginya di Sentul Kecil.

Tetapi menurut Irwan Ardiansyah yang memperkuat Yamaha Yamalube Nissin Gandasari Bonaharto, kencangnya Jupiter Z1 Sudarmono karena injeksi. Katanya, karena injeksi bekerja rata di setiap putaran mesin. “Mesin injeksi sama sekali tidak tersendat. Sangat beda dengan karbu walau dibikin halus dan ditahan gasnya masih tetap ada reaksi turun-naiknya. Hasilnya, pembalap pakai injeksi tidak repot mengatur putaran mesin dan koreksi motor,” jelas Irwan sembari membandingkan special engine penggaruk tanah injeksi dan karbu.

Kira-kira begitulah Jupiter Z1 Injeksi Sudarmono mampu berlari 57.342 detik atau nyaris mempertajam rekor 1 detik di Sentul Kecil. Sirkuit sepanjang 1.260 meter dan punya 14 tikungan itu dilibasnya dengan halus dan muyus. Berarti, bila disimpulkan pembicaraan Irwan dan Ibnu, keduanya saling berkaitan.

Itu juga tanda lompatan teknologi injeksi di balap motor Indonesia. “Jangan lupa juga itu kemajuan teknologi kompon ban,” jelas Yanto Gondrong sebagai koordinator event PT Gajah Tunggal yang ban IRC-nya jadi pendukung IP.

Kalau itu sih nggak lupa. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi IndoPrix 2013 Sentul, 16 – 17 Maret 2013

IndoPrix Sentul 2013, Superpole IP 110 Masih Didominasi Karburator

IndoPrix Sentul 2013: QTT IP125 Wahyu Widodo Honda, Bukan Injeksi

IndoPrix Sentul 2013: QTT IP2 (110 cc) Sudarmono, 57.9 Detik Jupiter Z1, Rekor…!

Jelang IndoPrix Sentul 2013; Injeksi Bebek Balap Yamaha 6 Unit, Honda 2 Biji


 

 

 

 

BAGIKAN