nhk

IndoPrix Seri 3 Sentul, Fisik Kelas Para Raja Bebek..!

 



ManiakMotor – Pembalap terdaftar di IndoPrix (IP) sama saja ikut kelas para raja bebek (underbone premier class). Modal untuk menanjak ke papan atasnya, adalah disiplin fisik. Silakan berbunga-bunga seting ini dan itu, bahkan diperagakan dengan rumus-rumus keriting soal motor bakar, ke laut aje bila pembalapnya pemalas. Bisa sih sekali-sekali menggebrak, tapi habis itu hilang. Selanjutnya, ya selalu berprestasi menghacurkan motor.

Irwan Ardiansyah yang  sudah 21 tahun bermain motor mengaku, modalnya saat ini tinggal fisik. Jika tidak, dia sudah disepak pemain ABG. Irwan mengatur pola fisiknya secara teratur dan rutin. “Senin-Jumat saban minggu lari untuk mengatur speed endurance yang dibutuhkan road race,” kata Irwan yang di daftar peserta IP paling ‘kakak’. Doski telah berangkat dari Jogja menuju Sentul untuk ikut Seri 3 IP, 30 Juni ini.

Sama dengan perjuangan pembalap yang telah lumayan berumur tapi masih bertahan di papan atas IP. Sebut saja Hokky Krisdianto, Hendriansyah,  dan Florianus Roy yang rutin menjaga kebugaran. Lari, renang, bersepeda dan mengangkat beban ringan tetapi dengan repetisi atau gerakan yang berulang banyak adalah, santapan mereka saban hari.

Dengan modal itu mereka melayani permainan Rafid Topan, Sudarmono, Sigit PD dan anak muda lain yang rata-rata punya keterampilan mengebut lumayan bagus. Bahkan, satu-dua ikut pelintir gas superports.  “Disiplin adalah modal profesional, fisik tidak boleh dibentuk secara instan. Besok balap, baru minggu ini latihan fisik itu omong kosong. Pembalap dilirik hanya dengan prestasi,” kata Hokky ‘Duck’ yang masih rajin berenang di tempat tidur itu. Sorry, ‘Duck’, salah ketik. Sudah nggak bisa dihapus, ‘Duck’. Gimana dong, ‘Duck’…?

Udah, udah… itu benar kok. Maksudnya, tinggal dilihat dari konsistensi pembalap berlaga. Jika mampu bertahan di kelompok atas underbone premier class berarti rajin menjaga cordiovaskular. Hehehe, canggih istlahnya, memang. Artinya, mereka melakukan rutinitas latihan gabungan yang jadi permintaan tubuh atlet.

Ditulis oleh Gandung Darmoko, pelatih fisik IMI Racing Academy Motocross sekaligus pelatih beberapa pemain papan atas IP dan Supersports Indonesia.



BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi IndoPrix Sentul 30 Juni – 1 Juli 2012
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-2 IP1, Kembali Kawasaki…!
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-2 IP2, Angin Kagetan Pada Ocky Lukman
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-1 IP1, Letupan Kompresi Kawak…
IndoPrix Seri 3 Sentul, Race-1 IP2 Sudarmono Kan…!
IndoPrix Seri 3 Sentul, Superpole IP2 Dan IP1 Yudhistira Lagi
IndoPrix Seri 3 Sentul, QTT IP2 Yudhistira Didorong Kompresi
IndoPrix Seri 3 Sentul, QTT IP2 Sudarmono Unggul
IndoPrix Seri 3 Sentul, Antara Razzo 166 Dan 221
Tim Dan Pembalap IndoPrix 2012, Lengkap..!
IndoPrix Seri 3 Sentul, Meraba Setingan
IndoPrix, Klasemen Sementara Sampai Seri 2
Hasil IndoPrix Seri-2 Kenjeran 2012
IndoPrix Seri 3 Sentul, Awas Honda..?
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
IndoPrix Seri 2, Ini Yang Bikin Ketat…
IndoPrix 2012 Kenjeran, Power Vs IRC
Anaknya Pak Dirman, Patah Beruntun..?
IndoPrix Selayang Pandang, Mantap Neh..!


BAGIKAN