nhk

IndoPrix Seri 3 Sentul, Meraba Setingan

 


 

ManiakMotor – Sederhananya di Sirkuit Sentul Internastional atau Sentul Besar (SB), mesin underbone selalu pada putaran linier atau ideal. Tidak butuh kompresi tinggi untuk memompa ulang tenaga sampai ke puncaknya. “Motor kan sudah kencang duluan. Namun, lebih bagus kompresi tinggi dari sirkuit pendek diterapkan di SB. Tapi itu butuh ketelitian dengan maping pengapian dan macam-macamnya. Keliru, ya, jebol,” jelas Ibnu Sambodo, pawang Kawasaki Manual Tech.

Iya, ya Pakde. Ditambah dengan atur spuyer dan reduksi gigi rasio sampai final gear, itu sudah rutinitas seting underbone setiap datang ke SB, seperti seri 3 IndoPrix, Minggu ini. Soal angka-angka dan rumusnya tanyakan pada Graham Bell. Caranya, dibel saja dia. “Kompresi diturunkan untuk  r ketahanan mesin,” dukung Sudarmono yang memperkuat Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya yang sedang siap-siap latihan Jumat, 29 Juni 2012. Tim ini menempati paddock 14. Kirain, Graham Bell yang jawab.

Logikanya di sirkuit panjang rpm panteng o ye. Jika kompresi ketinggian, apalagi perbandingan gigi meleset lebih ke ringan, mesin akan over turn atau overtuned. Itu artinya putaran berlebihan dan berputar balik saking kehabisan gasingan. Juga, kehilangan tekanan balik. Bila begitu, sekalian onderdil di dalam mesin yang akan ditekan-tekan sampai minta ampun.

Kompresi setiap motor berbeda, lantaran desain port – kalau sudah dikorek jadinya porting ­– yang berlainan. Jangankan yang dikerjakan tangan mekanik, pakai mesin cetak saja ada 0,20 persen nilai kesalahannya. “Rata-rata tim sudah punya data kompresi, rasio percepatan, dan setelan karbu. Bahkan, telah punya mesin sendiri tampil di SB ini,” kata Kupret, chief mechanic Daya PKG NHK AHRS Daytona, tempat I Gede Arya yang juara IP2 di Kenjeran.

Seragam jawaban tim bila ditanya ancar-ancar setelan di SB, tidak terkecuali Astra Motor Racing Team (AMRT). Ini tim Honda yang tahun pertama diutak-atik Benny Djati. “Kompresi selalu lebih rendah dan rasio lebih berat, itu rumus standar di SB di banding sirkuit dadakan. Lantaran di sirkuit besar, menuntut rpm dibuka dalam rentang yang lama,” kata Benny dari paddock nomor 22 yang per hari dibayar Rp 600 ribu itu .

Oke Ben selamat bertanding. Adit

 

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi IndoPrix Sentul 30 Juni – 1 Juli 2012
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-2 IP1, Kembali Kawasaki…!
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-2 IP2, Angin Kagetan Pada Ocky Lukman
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-1 IP1, Letupan Kompresi Kawak…
IndoPrix Seri 3 Sentul, Race-1 IP2 Sudarmono Kan…!
IndoPrix Seri 3 Sentul, QTT IP2 Yudhistira Didorong Kompresi
IndoPrix Seri 3 Sentul, QTT IP2 Sudarmono Unggul
IndoPrix Seri 3 Sentul, Antara Razzo 166 Dan 221
IndoPrix Seri 3 Sentul, Fisik Kelas Para Raja Bebek..!
Tim Dan Pembalap IndoPrix 2012, Lengkap..!
IndoPrix Seri 3 Sentul, Supremasi Balap Bebek
IndoPrix, Klasemen Sementara Sampai Seri 2
Hasil IndoPrix Seri-2 Kenjeran 2012
IndoPrix Seri 3 Sentul, Awas Honda..?
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
IndoPrix Seri 2, Ini Yang Bikin Ketat…

 

BAGIKAN