nhk

IndoPrix Seri-3 Sentul Race-1 IP1, Letupan Kompresi Kawak…

  

ManiakMotor – Kemarin Yudhistira dari Kawasaki Manual Tech (KMT) yang cepat di QTT. Di lomba race-1 IP1 atau bebek 125 cc, tetap Kawasaki yang cepat, bung. Namun, dari pembalap yang berbeda alias Gupita Kresna. Gupita memanfaatkan kompresi yang disetting KMT 13,4:1 atau lebih tinggi dari biasanya bermain di Sentul.

Seperti biasa, strategi race-1 IP1 yang berlangsung 1 Juli 2012 di Sentul Internasional itu, incar-incaran dan lalu ‘sinting-sintingan’ di lap-lap akhir. Maka, di Sentul dibilang hanya balapan 1 lap. Paling khusus, ngototnya beru 2 tikungan sebelum finish. “Cabut-cabut motor bagus. Tenaganya bisa dipakai untuk mendorong motor lebih dalam pada tikungan akhir. Tapi, sebenarnya tangan kiri masih sakit, bekas jatuh saat lathan Jumat. Narik kopling hanya bisa dilakukan saat start, ternyata  motor bisa membantu,” tutur Gupita yang di ARRC dua minggu lalu di sirkuit yang sama juga bermain cantik.

Lagi-lagi Rafid Topan Sucipto (Yamaha Yamalube Nissin KYT Tunggal Jaya) bisa kedua di dua kelas IP. “Strategi di lap terakhir bisa terbaca Gupita, motornya cepat.  Pancingan untuk overtake keluar R akhir, tidak ‘dimakan’. Untung bisa bertahan posisi kedua,” kekeh Topan. Bukannya balap pelintir gas, Pan? Masak sih bawa kail untuk memancing di Sentul…?

Yudhistira yang setim dengan Gupita di KMT, pada QTT kemarin mencatat waktu fantastis. Doski juga bicara lap akhir. Yudhis – begitu dia disapa – hanya ke-3 di rece ini. “Setingan kompresi mantap. Power motor  stabil, selalu bisa fight di straigt setiap lap. Lap akhir di tikungan akhir kebanyakan berpikir umpan dari Topan, sehingga lupa untuk mengejar Topan dan Gupita,” sebut Yudhis yang melengkapi dua Kawak berada di podium. Untung gak jadi ikan kamu…

Efektif, memang! KMT hanya dua pembaIap, dua-duanya podium. Nah, itu urusan Ibnu Sambodo, pawang KMT yang jawab. Katanya dia, bulan lalu telah berpikir keras akan ‘balas dendam’ di  Sentul Besar. Pertama, kekalahannya dari ARRC Sepang. Kedua, keok di IP seri 2  Kenjeran. “Kawasaki yang stroke-nya sangat pendek keteter di Sepang yang menanjak dan Kenjeran yang patah-patah. Kalau di Sentul beda lagi cerita,” sesumbar Ibnu dan membuktikan di IP1 lewat Gupita itu.

Kawasaki sejak berkiprah di balap motor, terutama IP1  selalu bikin kejutan. Awal-awal underbone 4-tak, banyak yang sanksi mencetak di bawah 1:57 di Sentul. Tetapi, baru setahun pegang Kawak, Ibnu membuktikan berlari 1:56. Kemarin dipertajam lagi jadi 1:54. “Saya pernah 1:53 koma besar di sini,” tambah Ibnu.

Lebih jelas hasil lomba ada di RESULTS, itu hasil selalu lebih cepat. Cerita selalu menyusul. Bisah sih cerita lebih cepat, cuma gak tega asal cuap. Adit

 

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi IndoPrix Sentul 30 Juni – 1 Juli 2012
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-2 IP1, Kembali Kawasaki…!
IndoPrix Seri-3 Sentul Race-2 IP2, Angin Kagetan Pada Ocky Lukman
IndoPrix Seri 3 Sentul, Race-1 IP2 Sudarmono Kan…!
IndoPrix Seri 3 Sentul, Superpole IP2 Dan IP1 Yudhistira Lagi
IndoPrix Seri 3 Sentul, QTT IP2 Yudhistira Didorong Kompresi
IndoPrix Seri 3 Sentul, QTT IP2 Sudarmono Unggul
IndoPrix Seri 3 Sentul, Antara Razzo 166 Dan 221
IndoPrix Seri 3 Sentul, Meraba Setingan
IndoPrix Seri 3 Sentul, Fisik Kelas Para Raja Bebek..!
IndoPrix Seri 3 Sentul, Supremasi Balap Bebek
Tim Dan Pembalap IndoPrix 2012, Lengkap..!
IndoPrix, Klasemen Sementara Sampai Seri 2
Hasil IndoPrix Seri-2 Kenjeran 2012
IndoPrix Seri 3 Sentul, Awas Honda..?
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran
IndoPrix Seri 2, Ini Yang Bikin Ketat…
IndoPrix 2012 Kenjeran, Power Vs IRC
IndoPrix Seri 2 Race 2 IP1, Widodo Loyo
IndoPrix Seri 2 Race 1 IP1, Yamaha Membalas
IndoPrix Seri 2 IP2, I Gede Arya Juaranya
IndoPrix Seri 2 Race-1, Hokky Membuktikan Omongan

 

BAGIKAN