nhk

IndoPrix Serinya Minim. Perlu Tambah Gak..?

ManiakMotor –  Serial IndoPrix (IP) perlu ditambah. Jumlah seri  sekarang, kurang memancing khalayak untuk jadi fanatik IP. Gairahnya kurang digelitik dengan sinetron balapan yang bersambung. Yang memanasi  hanya maniakmotor.com. Bah, web ini masih baru, belum ada apa-apanya untuk mengail. Portal ini baru bisa memancing di air keruh… Dapat buaya, bro…  

Tahun ini, IP sudah tahun ke-6. Sejak dibuka, ya tetap lima seri itu. Jumlah yang  minim dengan predikat supremasi balap motor Indonesia, underbone premier class. “Permintaan seri IP ditambah, kan sejak tahun pertama IP dibikin. Tujuannya bukan hanya untuk pembalap, tetapi bagi penggemar IP, supaya mereka terus mengikuti perkembangan,” kata Harlan Fadhilah, pembalap Suzuki Cargloss IRC AHRS di Jakarta. 

Harlan memang lebih banyak menganggur, lantaran tim Suzuki dibelanya tanpa one make race (OMR) untuk jadi pemenasan dia membalap. Nasibnya sama dengan Kawasaki. “Herannya, seri MotoPrix tahun ini bertambah pada semua region, sementara seri IP stagnan?” timpal Irwan Ardiansyah dari Gandasari Nissin Pertamina.

Betul. Dengan hanya 5 seri, akumulasi eventnya sikit  dihitung rata-rata per tahun. Jarak antarserinya  2,4 bulan. Kan 12 bulan dibagi 5 seri. Dalam rentang itu, para penggemar balap motor akan melupakan panasnya turnamen. Baru ingat lagi, ketika datang seri berikutnya. Bagi penggemar biasa-biasa saja, jelas lupa selamanya. Mana peduli… 

Apalagi, IP saat ini belum didukung alat promosi yang mumpuni. Misalnya soal higlights tv, website yang up to date kegiatan pesertanya dan facebook yang terus memanasi penggemar. “Belum lagi soal hubungan panitia dengan media. Jika ini jalan, IP akan lebih berkibar dan penggemar setia akan bertambah. Sponsor pasti juga bertambah,” jelas salah satu bos sponsor pendukung IP yang ogah disebut namanya. 

Lightning Production (LP) pemegang awal penyelenggara IP, waktu itu berencana menambah seri IP. Itu atas tuntutan pemirsa, penggemar dan pelakunya sendiri. “Idealnya bisa delapan sampai 9 seri. Itu rencana awal,” kata A. Judiarto, bos LP ketika masih pegang IP. Ditanya pada Judiarto saat ini, mana mau teu dia, bukan urusannya kok.

Tiga tahun kemudian, kembali rencana itu sebatas wacana. Dalam pernyataan itu, seri IP akan akan ditambah, tapi beberapa serinya tidak akan live tv.  Sebab, “Ongkos siaran langsung memang membebani,” kata Judiarto ketika itu. “Rencana ke sana memang selalu ada,” timpal Bambang Gunardi dari IndoSpeed penyelenggara IP, tiga tahun lalu. 

Seri makin banyak, penggemar fanatik bertambah, dan sponsor datang. Bayar siaran langsung jadi murah. Miolo  

BERITA TERKAIT:
Indoprix, Kete Antara Kaltim Dan Yamaha
IndoPrix, Progres Injeksi Blade Meningkat
IndoPrix Selayang Pandang, Mantap Neh..!
IndoPrix Seri 3 Sentul, Fisik Kelas Para Raja Bebek..!
IndoPrix Seri 2, Ini Yang Bikin Ketat…
IndoPrix Seri 2 Race-1, Hokky Membuktikan Omongan
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran



 

BAGIKAN