nhk

IndoPrix; Supremasi Balap Bebek

 


ManiakMotor –  Supremasi balap motor Indonesia  adanya di IndoPrix (IP). Pada struktur PP IMI di bidang olahraga, kasta IP paling tinggi di balap bebek Indonesia. Kalau begitu, sah pula disebut underbone premier class  (UPC). Kan MotoGP dinamakan premier class alias kelas para raja. Nah, UPC adalah kelas para raja bebek. Kweeek…

Balapan ini punya tempat tersendiri, lantaran pembalapnya yang terlatih ngebut dengan underbone. “Bebek adalah balapan nyata. Bukan balapan motor khayalan. Pembalap yang lolos ke IP, berarti mereka yang spesial untuk kelas bebek,” kata Benny Djatiutomo dari Astra Motor Racing yang mengakui proyek injeksinya sudah 96 persen.  Empat persennya, kabel-kabel injeksinya masih berarantakan. Sebab, alat yang tersambung dengan kabelnya, sebelumnya bukan untuk bebek. Proyek seperti inilah yang ada di IP.  

Kembali ke teng top. Struktur di bawah IP adalah motoprix (MP) yang dibagi regional, kejurda (kejuaraan daerah) dan terakhir club event. One Make Race (OMR) yang dipromosikan besar-besaran oleh pabriknya, sebenarnya empat tingkat di bawah IP atau setara club event. OMR sifatnya hanya balap semerek, bukan balap  tolok ukur prestasi. Walau sebagian pesertanya, pembalap IP juga.

IP sendiri telah mengalami penyesuaian dalam enam tahun diselenggarakan. Dulu pembalap yang bisa masuk IP adalah mereka yang juara dari lima region MP. Patokannya 1-3 di MP1 dan MP2, wajib bergabung dengan para raja bebek. “Tapi sekarang sudah berbeda. Penyelenggara IP berhak menentukan siapa saja yang melamar ikut IP, termasuk 2013 sesuai kriteria,” jelas Bambang Gunardi dari IndoSpeed penyelenggara IP.

Sebab jika bertahan dengan para juara MP – terutama daerah – tim mereka kurang didukung finansial mumpuni. Sedang tim-tim kuat sebagian besar ada di Jawa. Makanya, 2011 format dirombak lagi. Saat itu banyak tim-tim merasa sanggup ikut IP, tapi tidak punya pembalap juara MP. Maka, “Tim dan pembalap bebas  mendaftar,” tambah Bambang.

Kritera yang dimaksud, tim sudah terbukti konsistensinya di event setingkat kejurnas. Lalu, pembalapnya pernah terdaftar di papan atas Indonesia. Contoh Sudarmono waktu itu, di IP dan MP memang prestasinya tidak tercatat pada 2010. Tetapi, Sudarmono rutin ikut ARRC di kelas Superports 600 cc. Soal keterampilan dia pasti bagian dari pembalap UPC. Miolo

BERITA TERKAIT:

IndoPrix Seri 3 Sentul, Fisik Kelas Para Raja Bebek..!

IndoPrix 2012 Kenjeran, Power Vs IRC

IndoPrix 2012; Munculnya Pembalap Kalimantan

 

 


BAGIKAN