Inflasi di Argentina Semakin Rungkad, MotoGP 2024 Fix Hanya Akan Menjadi 21 Seri?

ManiakMotor – Seiring dengan ditutup “sementara”-nya penjualan tiket Grand Prix Argentina 2024 di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada situs resmi MotoGP, tentu fans balap sudah bisa menduga-duga, tapi kali ini lebih ke dugaan realistis sih.

Ya gimana lagi?, permasalahan inflasi yang sedang menimpa Argentina dan negara-negara di Amerika latin lainnya semakin rungkad, di penghujung tahun kemarin saja sudah menyentuh angka sebesar 2111,4%.

Pembatalan seri MotoGP di Argentina yang pada mulanya akan dilaksanakan di tanggal 5-7 April 2024 semakin jelas, apalagi kalau melihat absennya pihak penyelenggara di sirkuit tersebut untuk menjawab atau minimal merendam rumor yang beredar. Gimana gak aneh ya bro kalo bukan batal mah!

Inflasi yang terjadi di negara dengan sirkuit legendaris ini membuat Argentina harus melakukan kebijakan penghematan seketat-ketatnya. Layaknya makin-makin mencolok mata fans dengan fakta yang mengecewakan, kita dapat meniliknya dengan yang sudah terjadi duluan, pembatalan WSBK Argentina 2024 di Sirkuit San Juan Villicum.

Pertimbangan untuk dibatalkannya seri balap di Argentina ini bukan tidak berdasar ya bro, karena kalaupun dipaksakan yang ada harga tiketnya terlalu mehong, siapa yang mau nonton coba? nanti ujung-ujungnya kerugian besar yang ada.

Makanya, WSBK Argentina lebih memilih untuk membayar denda, ketimbang dengan membuang uang yang amat besar untuk menyelenggarakan balap tapi biayanya tidak setimpal.

Tau banget kok, kalau kemungkinan besar yang terjadi untuk MotoGP Argentina 2024 ini pasti menimbulkan kekecewaaan yang sama besarnya di kalangan fans MotoGP. Ditambah fakta, Argentina yang pernah absen 15 tahun dan comeback di skena MotoGP tepatnya di sirkuit Termas de Rio Hondo pada tahun 2014, sudah banyak momen-momen bersejarah yang telah terjadi. 

Mulai dari, kemenangan ikonik The Doctor, Valentina Rossi, yang diklaim sebagai musim terbaik dari performanya di sirkuit. Kemudian, tak luput Konflik Marc Marquez dengan Rossi yang di tahun-tahun berikutnya, keduanya semakin “dingin”. Hingga, kemenangan pertama Aleix Espargaro dan Aprilia di MotoGp 2022 yang membuat sirkuit ini semakin layak dikenang.

Kembali ke “akankah MotoGP 2024 hanya menjadi 21 seri?”, ya walaupun kemungkinan besar jawabannya nyaris benar terjadi, Dorna ternyata dikabarkan masih mempunyai strategi cadangan kok supaya MotoGP 2024 tetap menjadi 22 seri. Hal tersebut berupa GP di Hongaria tepatnya di Sirkuit Batalon Park, namun jangan bergembira dulu karena Dorna tetap harus menunggu segala persiapan termasuk Homologasi Trek Batalon sampai pertengahan tahun ini. Yah kita tunggu aja deh ya, prepare for the worst.

-Diva-