nhk

Ingat Lambretta! Skuter Retro Ini Siap Masuk Asia, Teknologinya, bro!

Lambretta, Scomadi, Inggris

Maniakmotor –  Ingat Lambretta! Itu lho, scooter asal Italia saingannya Vespa yang pernah meramaikan Indonesia pada era 1960 sampai 1970-an. Bedanya, bentuk Lambretta lebih mengotak pada bgaian tutup mesin maupun tamengnya. Nah, dalam waktu dekat model Lambretta klasik itu akan nongol lagi dengan mesin 400 cc.

Lambretta, scomadi, inggris
Berbagai model Scomadi bermesin mulai dari 50,125, dan 250 cc

Tapi, bukan dari Italia, melainkan dari Inggris yang rencananya akan diproduksi oleh Scomadi. Perusahaan kemitraan dua pemodifikasi skuter terkenal, Frank Sanderson dari Scooter Inovasi Ltd dan Paul Melici dari PM Tuning. Sebelumnya, mereka sudah menawarkan Lambretta kecil ke Cina dan puluhan tahun main di jenis skuter

Nah, Lambretta baru 400 cc, prototipenya sudah dipajang di pameran EICMA, Italia. Bocoran dari perusahaan, mesinnya sama seperti oada Suzuki Burgman 400 dan meluncur pada 2018 dan sekarang dalam pengujian dan sedang menjalani pengujian. Terutama untuk memastikan sesuai dengan standar Euro 4.

Pantas, ketika di PRJ Suzuki juga memajang model Lambretta. Jangan-jangan sama.

Lambretta, scomadi, inggris, asia
Dua mesin edang diuji, yakni Suzuki Burgman 400 dan Benelli velvet 400

Tapi, itu baru pengujian karena Scomadi juga sedang menguji dengan mesin Beneli Velvet 400. Kebetulan Scomadi sendiri sudah membeli desain, hak kekayaan, peralatan, dan cetakannya.

Untuk memasarkan skuter retro ini, Scomadi telah mendesain ulang sasis agar kompak dengan mesin baru. Ada asupan teknologi berupa ECU prosesor dari Magnetti Marelli 16 bit. Trus, dual spring pada suspensi depan dan belakang, sehingga jadi lebih kokoh ayunannya pada jalanan rusak sekalipun.

Lambretta, scomadi, inggris, retro, asia
Rem depan sudah cakram, bro

Selain teknologi mesin, efek dari perkembangan modern sepeda motor tampak pada panel digital di bagian tengah setang. Warna biru tosca membuat mata pengendara jadi nyaman dan tidak cepat lelah. Tak cuma itu, remnya pun sudah cakram dan kemungkinan akan mengarah ke teknologi ABS.

Selain membidik pasar Eropa, tampaknya skuter retro ini juga melirik pasar Asia. Indikasi ini terbaca dengan partisipasinya di pameram Thailand Motor Expo 2016 saat ini sampai 12 Desember. Bahkan, katanya sudah mempersiapkan line produksi di negeri gajah putih dengan target 400 sampai 500 unit perminggu. Selain skuter 400 cc, Scomadi sebelumnya juga sudah punya retro Lambretta bermesin 50, 125, dan 250 cc. Kita tunggu. MM

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353