nhk

Ini Jenis Ban FDR Yang Dipake Kontes Irit di Jogya, 1 Liter Bensin Bisa Sejauh 200 Km

FDR, Kontes, Irit, Bensin, Jogya

ManiakMotor – Tentu ada yang penasaran, FDR membekali ban jenis apa yang dipake 60 peserta dari 38 Pewrguruan Tinggi negeri dan swasta pada  Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di Taman Wisata Candi Prambanan, Klaten, Jateng (1/11). Karena kompetisi ini mengutamakan efisiensi bahan bakar setinggi mungkin, tentu karet bundar hitam sangat beda dengan yang dipakai di jalanan.

Secara desain,  ban ini menyerupai FDR MP27 yang sudah dikenal terlebih dahulu di arena balap. Tipe ban itu pula yang antarkan Boy Arbi (Honda Kawahara) juara nasional di MP 1 atau bebek 150 cc seeded. Tapi secara konstruksi dan kompon, ban ini beda dengan MP27.

Ban, FDR, Kompetisi, Irit, KMHE, Jogya
Ban FDR prototipe bisa irit bensin dan lebih ringan

“Ini ban khusus kompetisi. Secara konstruksi kita sebut Eco Smart Tire (EST), tapi secara kompon kita sebut Low Rolling Resistensi (LRR). Ban ini punya koefisien gesek yang rendah, dengan begitu daya gelinding ban jadi semakin ringan dan jauh yang pada akhirnya konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,”bilang Herry Junaidi Direktur Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR.

Ban, FDR, kontes, KMHW, Jogya, Mahasiswa
Herry, ban MP27 dengan konstruksi beda

Oh ya, untuk teknologi EST tadi, FDR sudah mengaplikasi pada ban motor harian yakni Facio EST. Pastiya, ban prototipe lebih ringan 1,5 Kg dengan yang reguler. “Hanya dengan mengganti dengan ban prototipe ini hasilnya langsung terlihat. Bahkan ada tim yang bisa menempuh 200 Km dan lebih jauh dibanding menggunakan ban reguler

Gilang
Gilang

dalam jumlah bahan bakar yang sama, ”klim Jimmy Handoyo, Techincal Service and Development Head PT SRI.

Menurut Gilang Prasetya Adi selaku chief mechanic dari tim Semar UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta, “Faktor ban bisa mempengaruhuhi hingga 30%. Dengan tipe ban prototipe ini, total bobot ban plus pelek bisa berkurang 8 Kg-an (4 ban). Bobot ringan hal penting dalam hitungan efisiensi,”tegas Gilang seraya menegaskan hasil setting sementara 1 liter bensin bisa mencapai 200 Km-an. Mantap! Ardel

BAGIKAN