nhk

Ini Moge Buat Pemula dari Ducati, Infonya Bocor di WDW

ManiakMotor – Ketika berlangsung “World Ducati Week” (WDW) di Misano, Italia, Ahad kemarin (1-3/7), Ducati ingin memberi kejutan kepada peserta. Ini pesta tahunan milik pabrikan motor asal Italia yang menyajikan berbagai hiburan, termasuk kejutan tadi berupa peti memuat sepeda motor baru yang memang sangat ditunggu-tunggu gerombolan Ducatisti.

Sayang, peti rahasia itu sudah bocor duluan. Ternyata, sebelum event ada ‘mata-mata’ menyelinap ke dalam kelompok kecil yang diizinkan Ducati untuk melihat sosok motor baru saat hendak dimasukkan ke peti. Tentu dengan syarat, tanpa boleh menyentuh dan memotret.

Eh….kecolongan juga. Sosok calon motor baru itu muncul di berbagai situs di dunia tanpa menyebutkan sumbernya.Sama seperti dua tahun lalu ketika Ducati akan memperkenalkan model Scrambler, bocor saat dimasukkan ke dalam peti pengiriman.

Dugaan akan model itu pun merebak. Ada yang menyebut Ducati Supersport S (SS) yang dirancang mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Motor ini dilengkapi dengan fairing dan berpelindung angin (wind protection) yang besar. Tampilannya mengingatkan akan Ducati SS1000 10 tahun lalu yang berhenti produksi. Ciri khas Ducati yang menonjol dengan kerangka tubular seperti pada model Monster, lengan ayun (swingarm) tunggal, dan ujung jok meruncing ada pada SS ini.

Ada bocoran kalo Ducati SS ini digerakkan oleh mesin perpaduan Hyperstrada dan Hypermotorad Testastretta berpendingin cairan. Di bawa tangki bensin teronggok mesin 937 cc 4 katup per silinder L-Twin yang mampu menyemburkan tenaga maksimal sampai 113 dk pada 9.999 rpm dengan torsi 72.2 ft-lbs di 7.500 rpm.

Sementara situs lain menyebut kalo sosok motor baru itu merupakan proyek 1312. Angka itu mempunyai arti, di mana prototipe ini merupakan proyek ke-13 yang pengerjaannya dimulai pada 2012. Situs ini juga menamakan motor itu Ducati Supersport S 939.

MCN berhasil mewawancarai Product manager Ducati Paolo Quattrino. Ia membenarkan kalau Ducati Supersport ini bukan lagi konsep dan akan masuk pasar tahun depan. “Supersport ini bukan sportbike entry-level. Ini motor khusus untuk pemula yang dirancang untuk jalan raya,” jelas Quattrino. Nantinya, lanjutnya, Superesport ini akan ada dua model. perbedaan utamanya, untuk model S pakai sokbreker Ohlins untuk depan dan belakang dan jok belakang dilepas.

Tunggu ulasan detailnya, ya. Maliq 

BACA JUGA 

Garasindo Resmikan Flagh Ship Ducati Terbesar di Dunia 

Dunia Mengakui Ducati XDiavel S, Desain Paling Terbaik 

Brake Lever Protection Ducati Bernilai Seni, Boleh Ditiru Motor Kecil Indonesia 

Peluncuran Ducati DraXter 2016: Ini Baru Sangar, Gaya Drag Racing

BAGIKAN