nhk

Ini Motor Bikinan Lotus, Banyak Bahan F1 Dipakai

 

ManiakMotor – Lotus dikenal sebagai merek mobil dengan model-model supercarnya. Kini, produsen mobil asal Inggris itu menjajal bikin motor dalam jumlah terbatas dan kedapatan sedang dijajal di jalan raya. Mereka menamakan Lotus C-01 yang diproduksi hanya 100 unit. Jangan memandang motor ini dari segi estetika yang desainnya sangat radikal dan unik. Yang jelas, moge sport ini berteknologi F1 lantaran Lotus pernah meramaikan arena balap jet darat.

 

Tampilannya unik. Dibilang sportbike, tapi buritan motor lebih dominam dengan ala cafe racer. Malah ujung jok belakang tidak menutup roda belakang, tapi hanya sampai setengah. Trus, bodi berfairing, termasuk juga rumah lampu utama.

Sebenarnya, motor ini dirancang untuk kerajaan Monaco. Mesinnya tertutup bahan serat karbon yang menyatu dengan tangki.Tak cuma bodi, semua memakai bahan ringan yang tidak pernah Anda jumpai di jalanan. Seperti komponen terbuat dari titanium, serat karbon dan baja untuk pesawat terbang. Termasuk fitur-fiturnya, sampai pelek dan kerangka memakai titanium dan serat karbon. Nantinya, ketika diproduksi menggunakan baja-teralis.

Cukup ekstrem kalo dikorek dari C-01 yang mesinnya dipinjamkan dari KTM RC8R bertenaga 200 dk. Untuk mengaktifkan kerja mesin sudah menganut keyless ignition. Mungkin inilah teknologi tertingginya. Tapi, untuk menyangkut kenyamanan dan keamanan, teknologinya sangat ortodok.

Bayangkan, untuk suspensi belakang mengandalkan sokbreker Ohlins yang tidak seimbang dengan bodi. Sedang depan dipasangkan garpu Sachs dari Jerman, mungkin ini berkitan dengan produksi yang dilakukan di negeri tersebut. Untuk mengurangi laju (rem), bagian depan dengan pelek 19 inci mengandalkan Brembo.

Yang bikin kita tadinya kagum lantaran dengan bahan yang dipergunakan, jadi mengurut dada menyangkut faktor keselamatan. Konon, motor ini tidak ada ABS, kontrol traksi, dan sistem elektronik. Ya, namanya juga motor edisi terbatas. Maliq

 

BACA JUGA

Produk Baru: Honda CBR250RR, Kolaborasi Anak Bangsa-Jepang, Lahir

Produk Baru : Mio Z Baru, Warna Pilihan Konsumen

Produk Baru : Akhirnya Kawasaki Perkenalkan ZX-10R 2016, Buaanyak Teknologi Canggih, Siap Bersaing Sama Yamaha dan Honda

Produk Baru : KTM Siapkan Adventure 800 Buat Libas Honda Africa Twin

BAGIKAN