nhk

Ini Skutik Adventure Honda, Aspal Oke, Medan Offroad Santai, Bro

Honda, adventure, crossover

ManiakMotor – Soal model skutik, Honda punya sejarah panjang deh. Makanya, varian seperti Honda Beat dan Vario diterima pasar di Indonesia. Mau skutik premium pun, ada PCX. Nah, kini Honda coba sedikit ke luar dari landasannya dengan menciptakan skutik adventure yang diberi nama X-ADV.

Honda, Adventure-crossover, X-ADV
Gagah juga diajak jalan di dalam kota

Portal ini sudah dua kali menulis, tapi belum secara detail. Nah, pada pameran EICMA di Milan, Italia, Honda memperkenalkan dan sekaligus membocorkan datanya.

Honda X-ADV bukan dirancang dari Jepang, tapi Honda yang bermarkas di Italia. Karena skutik ini akan dibawah menjelajah berbagai kondisi jalan, maka karakter tampilan bodi pun disesuaikan nafasnya.

Honda, Crossover, Adventure, X-ADV
Spidometer bergaya reli Dakar

Tongkrongannya tinggi dengan kedua kaki berukuran 17 inci depan dan 15 inci belakang. Kedua pelek dibungkus oleh ban dual perpose. Lalu, bodi penuh lekukan menggambarkan kekokohan dari skutik crossover tersebut. Di bawah jok ada ruang bagasi memuat 21 liter.

Para perancang memberi nama “X” di depan ADV (adventure) mempertegas, meski skutik ini sebagai crossover, namun tetap mewah. Skutik bermesin 745 cc bertenaga 53,6 HP ini dilengkapi dengan Dual Clutch Transmission (DCT) dan pengendara tetap nyaman meski ketinggian jok 820mm. Saat melaju dengan kecepatan sedang, bobot motor yang 238 kg tidak terasa berat.

Asyiknya, saat berkendaraan ECU yang memilih rasio gigi sesuai medan. Untuk terendah dalam mode D, ketika melaju di jalur aspal (sporty) ada tiga tingkat dengan modus S. Malas dengan matik, pada X-ADV juga bisa dipindahkan ke mode MT (manual transmission).

Untuk mendukung tenaga yang besar, kedua roda sudah dilengkapi rem cakram dengan

Honda, ADV, Crossover
Bagasi bisa muat helm

empat piston di depan dan ABS pula. Ayunan suspensi yang panjang menambah nikmat berkendara.

Gaya Adventure dipertegas lagi dengan setang aluminium, pelindung tangan seperti di model Afrika Twin, instrumen bergaya reli. Motor ini juga dibekali sistem kunci pintar (smart Key System) berupa kunci elektronik yang disampin di kantong celana dan saat hendak menhyalakan mesin tidak harus menggunakan kunci tersebut. Tuh, apa gak mewah. Maliq

BAGIKAN