nhk

Injeksi Balap Honda 2013, Masih Terbatas Indoprix

ManiakMotor – Injeksi balap di Honda untuk tahun depan masih akan terfokus pada Astra Motor Racing (AMR). Kendati dalam tiga race dihitung dari seri 4 IndoPrix di Kenjeran sampai sirkuit Balipat, Kalimantan Selatan 11 November 2012 ini, Honda Supra Denny Triyugo sudah menang tiga kali. Tapi, itu belum  jaminan akan merata pada semua tim 2013.

Injeksi segera melejit, tetap lewat bantuan para insiyur Honda dari Jepang dan Vortex pada AMR. Sebelum seri empat  di Kenjeran, kinerja semua sensor untuk data direvisi semua. Tadinya gado-gado kini mulai fokus dengan merek tertentu. “Tetapi sampai saat ini masih tetap dalam tahap riset. Hanya beberapa persen lagi mencapai titik sempurna. Saat ini baru 90 persen. Sampai 2013 pun, mungkin belum sempurna,” ujar Benny Djatiutomo, pentolan AMR dari Balipat.

Benny mencontohkan sensor-sensor yang harus seragam untuk semua aplikasinya ke bebek.  Belum lagi soal desain kabel yang harus rapi seperti layaknya motor balap berteknologi tinggi. “Saat ini kan masih semerawut karena banyak copotan yang bukan untuk bebek,” kata Benny yang sekarang konsisten pakai throttle body diameter 28 mm untuk 125 cc sesuai regulasi venturi karbu di buku kuning. Ya, iyalah. Tapi kabar terkahir dia pakai Mikuni yang sebelumnya Keihin.

Proyek AMR ini masih mereka kuasai dan belum bisa disebar ketim-tim balap pengguna Honda.    Walau posisi AMR sebagai tim pabrikan, ‘memang wajib’ menyebarkan ilmu mutakhir soal balap. “Masalah ketersediaan alat sudah bisa ditanggulangi, hanya menunggu SDM yang siap. Tapi saat ini riset sedang berjalan,”  timpal Anggono Iriawan, selaku Manager Safety Riding & Motosport  AHM

Beberapa mekanik merasa penggunaan injeksi justru akan mempermudah dalam mendapatkan settingan. Data tiap settingan bisa disimpan dan dibuka kembali sewaktu-waktu. Beda dengan karbu yang konvensional yang mudah berubah akibat gerakkan. “Cuma kan harus ada proses belajarnya,” ujar Songa dari tim Honda MS di Balipat.

Otak sudah mulai tua pula, puyeng kan. Adit


BERITA TERKAIT:

Injeksi Balap IndoPrix, Progres Blade Meningkat

Injeksi Balap Di HRC Solo, Progress 50%

 

IndoPrix Balipat, Race-1 IP1 (125 cc), Lompatan Injeksi Denny Triyugo

 




BAGIKAN