nhk

IRC Exato dan Reborn 2013; Buat Kawasaki Pulsar 200NS, New Vixion, CB150R Dan Seterusnya

 

 

ManiakMotor – IRC tahu persis perang motor sport dan matik, maka dikeluarkan IRC Exato dan Reborn. Ban tipe BIAS, pasti memiliki kontur dan kompon spesial yang sedap menikung dan dipandang. Dijamin itu sport nggak bakal kehabisan grip.  Itu sesuai riset yang terus menerus dengan  perkembangan karet item dan motor itu sendiri.

Diklaim grip dan tenaga seimbang maka menghasilkan bahan bakar yang irit. Kedua ban tersebut baru saja resmi diluncurkan PT. Gajah Tunggal Tbk (PTGTT), selaku produsen ban IRC. Acaranya  di Pekan Raya Jakarta 2013 (PRJ) atau Jakarta Fair, Sabtu pada 8 Juni 2013. Acaranya singkat tapi meriah, karena PRJ sendiri telah gegap gempita, salah satunya penari seksi yang fotomnya di bawah tuh.

Exato dan Reborn, merupakan pengembangan atau inovasi dari ban sebelumnya  Wild Flare dan Whizz. Ban juga harus update mengikuti trend, teknologinya otomatis ikut berkembang. Itu yang disebut riset brosist. “Exato dibuat berdasarkan on road atau jalan raya, juga disesuaikan kontur jalanan di sini. Cocok untuk sport seperti Kawasaki Bajaj Pulsar, Honda CB150R, Tiger, Verza, Yamaha New Vixion, Byson, Scorpio, Kawasaki Ninja 250 sampai Inazuma 250,” bilang Arijanto Notorahardjo, GM Marketing And Sales Retail PTGTT. Wah mantap ya…

Beton tidak rata, permukaannya bergelombang macam keripik kentang, ah gak nyambung.  Pakai teknologi yang namanya Multi Linier Groove (MLG) atau BIAS tadi. Fungsi MLG ini untuk menciptakan pola atau kembangan di bagian tapak ban, supaya ban tetap menggigit dipermukaan jalan kasar. Sebaliknya di aspal mulus, Exato makin jadi. Mirip Battlax. Tetapi catat, jangan sampai keliru, dilarang untuk beban yang over load. Paham kan? Misalnya, boncengan lima atau bawa berton-ton  beras.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Exato bila diamati reporter dari dekattidak peduli SPG IRC yang mulus-mulus  pokoknya yang dielus dada, eh ban. MLG ini konsisten sampai  tingkat keseimbangan ban, jaminannya performa pada segala medan. Ban tubeless untuk  kering  dan basah itu, ukurannya dimulai dari 70/80 hingga 150/60-17. Harganya, nanti ada sekalian di bawah. Wah, cocok untuk balap dan modifikasi buat penampilan tuh.

Sedang Reborn yang artinya terlahir kembali. “Reborn beda tekonolginya dengan Exato, tetapi disesuaikan dengan motor tipe bebek dan matik. Rata-rata pabrikan nantinya akan memakai Reborn ini,” tambah Arijanto, sembari bilang Reborn efektif mengurangi pemakaian bahan bakar, berkat teknologi dual step.

Basah kering termasuk didalam dual step, namun fokusnya rolling resistance atau hambatan berkala dari grip ban saat berputar. Rata-rata bebek dan matik dipaksa kerja keras setiap harinya, berangkat kantor, antar anak kesekolah, belanja kepasar, sampai mudik kekampung nyampe. Logikanya, beban mesin akibat gesekan roda tingkatannya besar. Mampu dibuat rendah dengan teknologi anti rolling resistance pada Reborn.

Efeknya ke mana-mana, yang karburator jadi irit, injeksi apalagi. Pas untuk Yamaha Mio J, Mio GT, Soul GT, Mio Fino Xeon RC, dan X-Ride. Di Honda ada Scoopy, BeAT, Spacy, Vario 125, Supra X 125 dan Blade. Karena tersedia tubeless dan tube type, silahan ke PRJ deh, karena ada diskon plus grand prize 1 unit Yamaha Mio J, untuk setiap pembelian ban IRC semua tipe.

Tadi harganya gimana Pak, “Exato dimulai dari Rp 180 ribu sampai Rp 500 ribu. Reborn itu dari Rp 120 ribu hingga 300 ribu. Untuk ukuran komplitnya, kita akan siap awal Juli nanti,” tutup Ari. Adib

BACA JUGA

IndoPrix 2013 Seri III Surabaya, Menunggu IRC Slick

BAGIKAN