nhk

IRC Motocross Harvest City, QTT MX2 Dilibas Andre Sondakh

 

ManiakMotor – Sirkuit motocross yang stop and go yang kebanyakan tikungan ‘L’ dan ‘U’, crosser harus berkreasi sendiri. Dia wajib menciptakan model menikung untuk memaksa motornya tetap meluncur. Paling tidak, lebih banyak meluncur dari pada teman-temannya sekaligus kompetitornya. Hanya itu yang bisa dilakukan untuk bisa tercepat.

Trek Harvest City yang dipakai final atau seri penutup IRC Motocros International Championship, tipikalnya seperti itu. Andre Sondakh yang barusan merebut QTT MX2 untuk nasional, membuat jalur sendiri. “Lewat dalam tetapi harus diawali dulu dengan out yang banyak, sehingga bentuk menikungnya jadi oval,” kata Andre yang memperkuat Husqvarna MX Team (HMT) itu.

Seri 3 yang pernah diadakan di tempat  ini QTT dan lombanya juga dimenangi Andre. Sirkuit yang mirip dengan desain grasstrack ini, memang merepotkan special engine yang bertenaga dua kali dari grasstrack. “Terutama dari posisi mesin off throttle. Torsinya jauh menurun, karena rpm kelamaan terturtup. Itu yang merepotkan om,” alasan Agi Agasi yang memperkuat Dumasari MX Team yang puas di belakang Andre dalam kualifikasi.

Karakter motor juga menentukan. Husqvarna TC250 edisi 2013 andal untuk trek-trek sempit. Torsinya lebih bagus dibanding lawan-lawannya. Silakan lihat di berita terkait speksifikasinya. Apalagi milik  HMT yang option mesin sampai suspensi dikirim langsung dari pabriknya dari Eropa. Speksifikasinya persis yang dipakai crosser Husqvarna yang ikut kejuaraan Eropa. Tinggal pilih dan sebut sudah sampai di Bali, markas distributor Husvarna Indonesia.

Yang lain boro-boro, pabrikan di Indonesia cuek beibeh dengan garuk tanah bro. Eh, kecuali Kawasaki deh. Akhirnya, tim Indonesia beli sendiri opsionalnya. Itu barang sampai di Indonesia sudah berlipat-lipat harganya. Maklum, importir perorangan.

Jadi bila ketemu sirkuit seperti Harvest, motor yang siap yang unggul. Seperti Husqvarna semua tersedia. “Dari trek pendek, medium dan long bisa gonta-ganti kepala silinder sampai knalpot. Harvest walau totalnya panjang, tapi jarak antartikungan kategorinya pendek,” jelas Tjok Vicky Sudharsana, manajer HMT tempat Andre membalap. Dipo

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi Kejurnas IRC Motocross, Harvest City, Cileungsi, 3-4 November 2012

Jelang Final IRC Motocross Harvest City, Sirkuit Berubah Sikit..!

IRC Motocross Harvest, Sirkuitnya Indonesia

IRC Motocross Cibubur, Farhan Harap Hujan

Kejurnas IRC Motocross Jogja, Biasa Garuk Pasir

 

 

BAGIKAN