nhk

IRC Motocross Harvest, Sirkuitnya Indonesia

 

ManiakMotor – Didominasi tikungan model ‘L’ dan sebagian ‘U’ turn, hanyalah tipuan dan kenyataan sirkuit Harvest City, Cibubur, Jabar. Trek yang harus dijinakkan dengan menikung kreatif. Mau dalam, tengah atau keluar saja sekalian dan pulang ke rumah. Sirkuitnya gabungan motocross dan grasstrack. Andre Sondakh podium kedua di MX2 International, karena dia lulusan grasstrack sejak dini. Motor Andre  meluncur walau berhadapan dengan tikungan mati. Memang itu kelebihan lulusan tracker.

Lumayan, tiga bule di bawahnya. Kecuali Jerney IRT yang terus bawa sapu menyapu crosser nasional yang sulit disikatny. Trus Alexandre Wiguna keempat di kelas tersebut. Total ada empat pemain internasional yang ikut  seri 3 IRC Motocross Internasional Championship (IMIC), 13 Mei 2012. “Saya suka model tikungan begitu. Harus diciptakan sendiri model menikung model oval,” kata Andre yang memperkuat Husqvarna Team itu.

Sebelumnya, ada beberapa rintangan yang dihapus  di sirkuit tersebut. Hapusnya jelas pakai alat berat, bukan karet penghapus. Hendicap ini  tidak ada diaturan motocross. Misalnya bar to bar atau rhythm section yang bisa dibaca ‘ritem seksion’. Ini rintangan mengandalkan ketepatan dan kecepatan ayunan. Juga superbowl alias gundukan kecil rapat yang dilibas dengan ketepatan power dan jepitan. “Keduanya hanya ada di supercross,” papar Jhony Pranata dari IRA MX.

Yang tersisa tinggal si ‘lumba-lumba’ pada sirkuit yang panjangnya diukur dengan spido meter motor 1,5 km. Tetapi, alat ini ngaco lantaran rodanya mantul-mantul di tanah. Diukur pakai meteran gelinding, dapat 1,2 km. Ambil tengah saja, 1,3 km. “Sikuitnya enak.  Di sini bisa melawan bule. Tetapi, motor bermasalah sejak moto-1 yang salah deteksi. Juga saya kurang persiapan lantaran baru masuk kuliah,” beber Agi  yang memperkuat Dumasari INK Honda PF-ONE yang menunggang Honda CR250F.

Lebih mantap, sirkuit motocross yang sesungguhnya pakai teknik rolling speed. “Bentuk tikungannya melengkung. Karena motocross lebih mengutamakan kecepatan,” jelas Irwan Ardiansyah, mantan crosser pemegang 7 kali juara nasional. Pelatih pasukan Gandasari Pertamina ini pernah membahas soal sirkuit mx dengan maniakmotor.com. Kemarin dia tidak hadir. Bahunya cidera saat latihan road race baru lalu di Maguwo, Jogja.

Bule bakal pecicilan dengan jalur yang disebut Irwan. Maka, biarkan saja seperti model sekarang. Indonesia punya perlawanan. Jangan-jangan Nick Stherland dan Trent Loder yang memperkuat Husqvarna Evalube INK IRC, lunglai di situ. “Iya bos. Tanahnya keras. Kami biasa di tanah yang lunak dengan tikungan  yang parabolik. Kecuali Stewart dan IRT yang biasa dengan tanah kering Indonesia,” alasan Nick sembari puji pemain Husvarna Team yang bermakas di Bali.  Nick dan Trent membela Husq Jakarta.

Itu pun Jerney dan Stewart tidak sehebat berlaga di Kuningan dan Depok. Performa keduanya tidak keluar semua. Karena keterampilan dasarnya di atas rata-rata,  si Jerney  tetap bawa sapu. “Sirkuitnya butuh pengereman keras terus. Sungguh menguras tenaga,” papar Farhan Hendro. Crosser Cargloss AHRS IRC itu sebelumnya berdoa minta hujan, agar tanah sirkuit jadi gembur. Wah, macam bule juga ‘Han?

Beda memang Andre dan Agi yang memuji sirkuit. Tidak dipungkiri, keduanya memulai dari grasstrack yang bertading di pelosok kampung. “Saya bikin jalur sendiri, agar motor tetap on throttle. Rem tidak banyak mengunci. Tikungan bisa lebih cepat,” jelas Andre yang di moto dua telah memimpin, namun kembali di susul Jerney.

Sirkuitnya Indonesia, dong. Adit, Gandung

BERITA TERKAIT:
IRC Motocross 2012, Klasemen Sementara
Husqvarna TC250 Versi 2012, Penggaruk Tanah Jempolan
Yamaha Nouvo SX 125 Versi 2013
IRC Motocross Harvest, Sirkuitnya Indonesia
IRC MX Seri 3 Harvest, Husqvarna Sondakh
IRC Motocross, IRA MX Tanpa Grade A
Sambut Seri 3, IRC Motocross Harvest City
IRC Motocross Cibubur, Farhan Harap Hujan
Villopoto Rebut AMA Supercross
IRC Motocross Kuningan, Menaklukkan Ketinggian
10 Crosser Patah Tulang Di IRC Motocross
Agi & Farhan Tekuk Bule di Kejurnas Motocross
Aldi Lazaroni, Cidera Saat QTT
Rendi A Rahman Ke-1 QTT SE65, Seri 1 IRC MX Int’l Champ
 

 

BAGIKAN