nhk

IRC Motocross Tegal, QTT Teknik Garuk Tanah Gembur

 

ManiakMotorSesi QTT MX2 di seri 4 Kejurnas IRC Motocross sirkuit Martoloyo, Tegal, Jateng melepas 18 peserta. Mereka pemain grade A Indonesia yang dicampur dengan bule, ingin  tercepat di sirkuit yang gembur dan berpasir.

Maka butuh teknik tambahan soal menguasai special engine di sirkuit macam itu. Paling utama throttle harus kebanyakan on.

Kalau bule Slovenia Jerney IRT dan Lewis Stewart dari Australia, trek begitu mereka malah keenakan. Di negara mereka, nyaris semua sirkuit gembur. Keduanya crosser yang memperkuat Husqvarna MX Team itu lebih cepat 2 detik dengan crosser lain dalam QTT yang diadakan Sabtu, 8 September 2012 tersebut.

Ya udahl ah pembalap bule ini naga-naganya kembali membawa sapu menyapu dua moto besok. Lebih pas bicara Andre Sondakh dari tim yang sama dengan Jerney dan Stewart. Andre berhasil mengawal keduanya dan otomatis tercepat untuk kategori nasional.

Di sirkuit sepanjang 1,1 km dan dihiasi sembilan rintangan tersebut, Andre mengaku mengikut luncuran motor. “Di trek gembur dan berpasir, badan tidak boleh melawan arah motor. Sebisa mungkin harus diikuti dengan mengontrol bertahap dan jepitan motor fleksibel. Jangan lupa rpm harus dibuka terus selagi bisa,” ajar Andre soal Husqvarna TC250-nya yang berhasil di QTT.

Untuk kejurnas Andre disusul Farhan Hendro. Ilmu Farhan yang didapat dari Australia lumayan berhasil di trek gembur. “Sirkuit di Oztrali rata-rata seperti Tegal ini. Bedanya di sana lebih panjang. Nggak tahu yang di Tegal ini jadi pendek, tanya saja panitia,” jawab Farhan yang memperkuat Cargloss AHRS IRC. Ah, payah tuh reporter, masak sirkuit ditanya pada peserta?

Tapi ini baru sesi QTT bro. Asal tahu saja, penempatan grid di motocross berbeda dengan road race. Perebut QTT hanya menentukan posisi start gate, bukan row seperti balapan aspal. Di motocross peserta dilepas sejajar. Yang menentukan di moto-1 dan 2, fisik. Karena balapan berjalan 30 menit plus 2 lap. Waw… Ardel

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi Kejurnas Motocross Tegal, 8 – 9 September 2012

Kejurnas IRC Motocross Tegal, Kabar-Kabari…!

Jelang Kejurnas IRC Motocross Seri-4 Tegal

IRC Motocross 2012, Klasemen Sementara

Jadwal Baru Kejurnas IRC Motocross Seri-4

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353