nhk

Irit-Iritan Versi AHM Dalam Rangka Safari Ramadhan Honda 2014, Blade Fi 125 Cc 100 Km/Liter

 

ManiakMotor – Irit-iritan, walau sebenarnya mesin 4-tak sudah irit, apalagi injeksi. Tetap saja ada adu u irit motor injeksi Honda. Adu hemat bahan bakar ini dalam rangka Safari Ramadhan Honda 2014 yang diadakan di lapangan Dadaha, Tasikmalaya, Sabtu tangga 19 Juli.

Pesertanya wartawan semua memakai (mengendarai) Honda Revo FI, Blade 125 FI dan Supra X 125 FI. Hasil angka real dalam konsumsi bahan bakar, motor Honda injeksi memang terbukti irit. Adu irit di uji dijalan protokol Tasikmalaya.

Kategori Revo FI, dari 3 peserta, konsumsi bbm ter-irit berdasarkan total  jarak tempuh 9 km. Didapat angka asupan bbm 0,12 liter/9 km. Itu sama dengan 75 km/liter. Sedang Blade 125 FI konsumsi bbm 0,09 liter/9 km atau setara 100 km/liter. Supra X 125 FI konsumsi bbm 0,15 liter/11 km yang dijabarkan supaya sampeyan ngerti adalah 73 km/liter.

Irit semua tuh. Injeksi Honda punya teknologi injectoristimewa. Lubang injektornya paling kecil yang diuji injektor tester. Diameter lubangnya  0,152 mm, bisa menyemprot kabut hingga partikel paling kecil dan homogen. Katanya dibanding yang lain lebih kecil 0.01 mm.

Ijektor punya pompa bahan bakar beretekanan  294 kph. Gabuangan itu, menghasilkan pembakar bersih sesuai Euro 3 (dari 2013). Standar polutan Euro 3 sendiri, CO (Carbon Monoxida-2 gram/km), HC (Hydro Carbon-0,8 gram/km) dan NOx (Nitrogen Oxide-0,15/km). “Lubang injektor injeksi Honda jenis bebek dan matic memiliki 6 lubang dan sport 9 lubang,” jelas Agus Suryana, Pengajar Mekanik PT DAM, yang di lomba adu irit sebagai pelaksana pencatatan data ukur pemakaian bahan bakar.

Namanya irit-iritan, tergantung pengendaranya. Jika berhasil konstan pada putaran mesin ekonomis, juara sudah di depan mata.  Juga penggunaan gigi disesuaikan kondisi jalan, jalan turun tidak usah di gas, kalau jalan naik gigi agak rendah sesuai kebutuhan dan kalau ketemu jalan berbatu pakai engine break serta rem di injak dikit,” timpal Didih pemenang juara satu lomba adu irit kategori motor Revo FI yang catatan konsumsi bbm-nya ter-irit. Trisya

BACA JUGA

AHM Mudik Bareng 2014; Dapat Doorprize

Arya 117 Motorsport: Spesialis Perlengkapan Balap Seken, Bekas Murah!

 

BAGIKAN