nhk

IRS 20017: Honda CBR250RR Penantang Baru, Klaim Bisa Podium, Soal Regulasi?

Honda, CBR250R, IRS

ManiakMotor – Kejurnas sport 250 cc (IRS) dipastikan lebih bergairah tahun ini. Itu lantaran hadirnya ‘pemain baru’  Honda dengan CBR250RR sebagai penantang  Yamaha YZF-R25 dan Kawasaki Ninja 250. Termasuk juga CBR250 (single cylinder) yang lebih dulu turun. Seru! Mampukah gacoan baru Honda itu, menggoyang dominasi pemacu R25 di pentas balap sport bergengsi ini.

Ah, terpenting lebih ramai dulu aja, ada greget berkumpulnya Honda, Yamaha dan Kawasaki. Beberapa tim Honda juga sudah terpantau riset serius, antara lain Ultraspeed. “Kans bagus, diameter klep lebih besar. Tapi memang karena unit baru, mekaniknya belum familiar. Prediksi saya setelah rehat puasa bisa bersaing di podium. Spesifikasi keseluruhan lebih bagus dari kompetitor,” komentar dari salah satu manager tim Honda tentang peluang CBR250RR.

Tuh kan! Pastinya, itu menyangkut regulasi untuk 2017. Secara umum, regulasinya sport 250 cc tahun ini hampir sama dengan sebelumnya. Antara lain boleh ganti camshaft, piston, girboks juga boleh dimodifikasi. Porting juga no problem, magnet boleh dibubut, ECU dan aki juga boleh diganti.

Soal regulasi itu, Eddy Horison dari Komisi Balap Motor PP IMI dan Stevi Gunardi dari Indospeed selaku promotor IRS memastikan sudah fix alias ketuk palu.  ”Ya, sudah fix,” singkat Eddy saat dikonfirmasi, tanpa menyinggung soal grid yang ribet. Maklum, tahun ini Horison digantikan orang lain di PP IMI.

Menarik dicermati soal pelek yang kembali standar. Walaupun IRS tahun lalu di akhir seri diperbolehkan diganti. ”Kalo soal pelek yang wajib standar, apa boleh buat . Tim yang sudah beli mahal Rp 25-30 juta, harus ganti yang original. Ini pelajaran buat kita bersama,” ujar M. Abidin selaku GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Abidin melihat perubahan ini secara positif saja dengan tujuan menarik tim anyar. Risiko pemain lama memang harus riset lagi, walau memang tidak banyak berubah.  Mantap! Ardel

BAGIKAN