nhk

IRS 2013 Jelang Seri II; Sentul Ditutup Baru Latihan Jumat, CB150R Makin Kencang

 


ManiakMotor –Sentul malah ditutup saat menghadapi seri III IndoSpeed Race Series (IRS), minggu ini atau 11 – 12 Mei 2013. Sirkuit bernama lengkap Sentul International Circuit (SIC) alias Sentul Besar di Bogor, Jawa Barat itu, semua tahu satu-satunya sirkuit besar yang dimiliki Indonesia. IRS yang banyak membuka kelas sport  hanya cocok di SIC. Tapi, SIC baru dibuka Jumat atau 10 Mei. Ooo, kirain ditutup seterusnya.

Beruntung beberapa tim sudah mulai ‘mengaspal’ minggu lalu. Namun memasuki detik-detik berlangsungnya balapan justru sirkuit ditutup untuk latihan. Saya sendiri belum set-up motor. Kalau fisik sih tiap hari,” ujar Dimas Ekky Pratama, pembalap yang ngegas Honda CBR 600 dari tim Astra Motor Racing Team. 

Dimas memanfaatkan waktu yang sangat sempit, karena ia  tertinggal jauh dari sisi pengumpulan poin setelah di seri pertama gagal, jatuh. “Saya tetap optimis berada di rombongan depan dan mencetak hasil bagus,” senyum Dimas dari balik bbm-nya, hehe. Dia mengirim simbol senyum, bro.

Tim yang sempat setup di Sentul minggu lalu  adalah Yamaha Indoprom dengan pembalapnya Immanuel Pratna. Rookie yang di seri pertama lalu langsung posisi ketiga pengumpul poin ini, dituntut bisa memberi masukan pada para teknisi suspensi yang sedang menyeting motornya pakai Two D pada Yamaha R6-nya.

Ia disuruh running sebanyak mungkin dengan berbagai macam settingan suspensi agar dapat merasakan bedanya. Lalu, sudah dapat membedakannya nggak? “Masih terus meraba karena banyak yang harus dipelajari,” crita pembalap berusia 16 tahun ini yang mulai hapal dengan karakter sok Ohlins. Saat di time pakai stopwatch waktunya  stabil 1 menit 34 detik per lap. 

Juga ada tim AR1 NHK  Pikoli Spinx yang sedang menset beberapa motor balapnya. “Sayang Kawasaki Ninja untuk turun di kelas kejurnas 250 belum siap saat itu. Jadi terpaksa nanti Jumat baru dicoba,” ujar Angga selaku pemilik Anjany Racing (AR 1) yang langganan turun di IRS.  

Di Kejurnas 250 dominasi Honda CBR 250 makin kuat, namun tak membuat gentar para pengguna Kawasaki Ninja patah semangat, “Spesifikasi mesin standar tidak beda jauh kedua motor ini. Supaya  kompetitif harus mulai dicari jalan keluar aturan bobot. Lebih baik dirumuskan kembali aturannya, terbukti Ninja terbebani dengan aturan saat ini. Ini untuk niat mengedepankan balapan murah, agar semua tim bisa rata, sehingga kelas ini  kembali ramai seperti pertama kelas ini dibuka,” anjur  Angga. 

Eh, jangan lupa Astra Honda Motor juga membuka one make race CBR250R bersama Honda CB150R. Ini balapan yang adu skill pembalapnya, karena motornya rata. Catatan waktu CB150R juga makin dapat. Pertama kali tampil 2 menit 7 detik dan mulai mepet 2 menit 6 detik. Adit

BERITA TERKAIT:

IRS 2013 Sentul; Nama-Nama Pembalap Dilarang Ikut OMR Ninja 250

IRS 2013 Sentul SS600: Isu Satu Ban Bahaya, Berlalu Sekadar Isu

IRS Sentul 2013, Premium Class (Underbone) 125 Cc, Kete Juaranya

IRS Sentul 2013 SS 600 Race2: Milik Ninja 600 M Fadli

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353