nhk

IRS 2013 Sentul Seri II; Kete Libas QTT Underbone 110 cc, Kawasaki Ke-2

 

 

ManiakMotor – Di Sentul International Circuit (SIC) di Bogor, Jawa Barat, walau pakai avgas, kompresi memang turun ketimbang di trek dadakan. Bebek tampil di SIC selalu menggasing pada puncak putaran. Apalagi aturan sekarang di IndoSpeed Race Series (IRS) wajib pakai oktan 95 atau Pertamax Plus. Seperti settingan awal kompresi Jupiter Z Fitriansyah Kete di QTT IRS seri II, 11 Mei 2013, ia langsung cetak 1 menit 58 detik. Catatan yang menjanjikan.

Janjinya dari QTT itu ya podium pada race yang akan berlangsung Minggu 12 Mei di SIC.  “Kompresi diberi 12,6:1. Angka ini nggak jauh-jauh dengan avgas. Tentu ada bedanya pada timing pengapian yang lebih rendah dan kurva settingan CDI agar linear. Juga beda pada porting-porting silinder yang terus dikembangkan sesuai oktan 95,” jelas Malik, selaku mekanik dari tim Yamaha Yamalube Nissin SMF KYT TJM tempat Fitriansyah Kete membalap.

Kelas di IRS yang disebut Premium RC Cup 110 cc ini, Kete yang pertama di kualifikasi karena dari nyebut namanya terus. Toh, ia tak bisa berleha-leha dengan janji QTT tersebut. Maklum, ia disusul 0,100 detik kemudian oleh Gupita Kresna yang menggeber Kawasaki Edge. Sesilih segitu tak sekedip mata. Bila masuk di finish bersamaan sulit ditentukan juaranya. Maklum kedua tim yang dihuni Kete dan Gupita telah terbiasa dengan oktan 95 saat mereka bermain di Asia Road Racing Championship.

Seperti yang diutarakan Ibnu Sambodo, kiliker senior mesin 4-tak dari tim Kawasaki KYT IRC Rextor Manual Tech yang dibela Gupita, bahwa turunnya oktan mau tidak mau, mekanik harus meriset ulang saluran masuk, buang dan head setiap saat. “Dulu kan diriset ketika ada ARRC. Saat ini sudah wajib. Karena di IP, IRS dan ARRC bahan bakarnya sudah sama. Bisa saja ada temuan baru yang malah membuat mesin lebih kencang,kata Ibnu yang mengaku mulai menemukan obat pamungkas oktan 95 pada Kawasaki bebeknya. Adit

BERITA TERKAIT

Hasil IRS Sentul 2013 Seri 2, Semua Sesi, 11 – 12 Mei 2013

IRS 2013 Sentul Jelang Seri II; OMR CB150R Rapat, Kejurnas 250 CC Tunggu Perlawanan Ninja

Markas OEI Racing Akiang Dilalap Jago Merah, Absen IRS Seri II Minggu Ini

IRS 2013 Jelang Seri II; Sentul Ditutup Baru Latihan Jumat, CB150R Makin Kencang

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353