nhk

IRS 2014 Jelang Seri-5 Sentul: Yamaha Ikut ARRC 250 cc, R25 Ketemu Ninja 250 Dan CBR250 (2)

 

ManiakMotor – Jelang seri 5 IRS atau seri terakhir minggu ini 1 – 2 November  2014, kelas kejurnas 250 cc, ya begitu-begitu saja. Pada seri 4 lalu, hanya ada enam peserta yang terdaftar. Para pemerhati kelas ini meminta aturan kejurnas 250 disamakan saja dengan OMR atau supersports.

Aturan seperti itu lebih sederhana dan murah. Di supersports 600 misalnya, mesin harus standar. “Mekanik hanya bisa bermain pada suspensi, ECU dan knalpot. Model begini terjangkau. Bila ada yang dua selinder dan satu silinder itu hanya diperketat dari aturan bobot. Misalnya yang dua silinder diberi bobot tambahan 10 kg,” jelas Angga Kurniawan dari AR1 yang rutin ikut IRS.

Dari pada di dalam negeri aturan nggak beres-beres, Yamaha justru bikin terobosan. Setalah dua tahun nggak berpartisipasi di Asia Road Racing Championship, tahun depan Yamaha akan ikut penuh di kelas baru, yakni 250 cc. “Itu sudah pasti. Tim dan mekaniknya sudah ditunjuk untuk menangani R25,” jelas M Abidin, GM Service & Motor Sport Yamaha Indonesia dengan wajah serius.

Sama juga dengan rilis ARRC baru lalu, bahwa Kawasaki menyatakan akan ambil bagian. Bahkan yang berkomentar petinggi Kawasaki dari Jepang langsung. Tapi biasanya akan diserahkan pada negara masing-masing seperti Kawasaki Motor Indonesia dan calonnya Kawasaki Manual Tech Rextor. “Pasti ikuti. Aturan tekniknya lebih sederhana dan ketat. Boleh utak-atik kem, namun piston harus standar sesuai bawaan motor. Artinya, tenaga nggak bisa didongrak gila-gilaan,” jawab Ibnu Sambodo, pawang Manual Tech.

Belum lagi Honda memang sejawak awal telah membuka one make race di ARRC yang mereka sebut  Asia Dream Cup (ADC). ADC tiga tahun ini rutin dipentas yang diikuti peserta dari Asean plus Jepang dan Australia. Lalu gimana dengan aturan 250 IRS? Bertahan dengan yang sekarang atau akan ikut ARRC. Atau solusi seperti OMR? Rzk      

BACA JUGA

IndoSpeed Race Series (IRS) Sentul 2014: Sport 150 cc, Baru Pabrikan Suzuki Lewat FU, Yang Lain Kapan?

IRS Sentul 2014 Seri-4 Kejurnas 250 cc; Saking Enak Kopling SYS Di Ninja 250, Eh Diprotes

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353