nhk

IRS 2014 Sentul; Lahirnya Pembalap Moge Greentech

 

 

ManiakMotor – Bila bebek sudah jadi balap warisan Indonesia, di sisi lain balap supersport 600 juga giat di Indonesia. Ada tiga pabrikan besar yang  ikut di sana terutama di IndoSpeed Race Series (IRS). Ada Yamaha, Honda dan Kawasaki. Ketiganya pol-polan mendukung timnya. Bahkan Yamaha punya program khusus lewat YRA dan mengirim pembalapnya ke Jepang. Honda pun tak mau kalah dengan bibitnya diprogram ke internasional.

Tapi ada tim yang membawa nama Kawasaki, namun hakekatnya adalah tim perorangan. Itu dia Kawasaki Greentech Riau. Tim ini menjagokan Ifos Rianda yang baru dua tahun naik moge, tepatnya Ninja ZX600. Dia sih memang nggak diprogram harus ke luar negeri segala dan ada pelatih khusus. “Balap ya sesuai jadwal IRS saja. Pada 2014 ini tahun kedua Ifos di IRS,” jelas Henry Suwandy, bos Greentech Riau.

Tentu saja si bos itu sembari membanggakan prestasi Ifos di seri dua IRS lalu yang podium kedua di race-1 Supersports 600. Padahal di sana ada yang namanya Yudhistira, M Fadli, Dimas Ekky Pratama dan pasukan Yamaha yang didik khusus tadi. Tapi, Ifos sanggup meladeni mereka. Tidak sekadar meladeni, tapi mulai bisa membawa motor 600 cc, kan biasanya pembalapnya yang dibawa-bawa motor.

Kolo masih dibawa-bawa motor artinya, fisik dan nyali belum siap.  Beda bila mulai membawa motor, moge pula, nah itu sudah mulai memerintah maunya pembalap di sudut-sudut sirkuit. Macam Ifos yang gerakan bodinya mulai menyatu dengan dengan moge menengah tersebut.

Disebut mulai, karena masih butuh jam terbang untuk membawa moge sesuka gaya balapnya. “Saya masih punya kesempatan untuk itu. Tahun ini saya sudah lebih sering pegang motor, karena juga ikut ARRC,” jelas Ifos yang masih berumur 21 tahun dan dua tahun lalu jadi lawan berat Rafid Topan di PON Riau, tapi Ifos yang juara di 110 cc dan Topan juara 125 cc. Ia juga lahir dari motocross yang dikenal tangguh fisiknya.

Ifos memang tahun ini membela dua tim. Di IRS dia atas nama Grentech dan di Asia Road Racing Championship alias ARRC tadi memperkuat Kawasaki Manual Tech bersama Yudhistira. Saat ini Ifos menduduki klasemen sementara ke-3 di IRS. Ia di bawah Yudhistira dan Dimas Ekky. Peluangnya masih ada, lantaran masih berdarah muda, jiwa remaja dan gelora ABG.

Itulah perjuangan tim perorangan dari Sumatera sana. Ito

BACA JUGA

IRS 2014 Sentul Seri-2; Ikut OMR Biaya Terpangkas Banyak

IRS 2014 Sentul Seri-2; Bakal Ada Ban Balap FDR Untuk 250 Cc Dan Supersport 600

 

BAGIKAN