nhk

IRS 2014 Sentul Seri-2; Bakal Ada Ban Balap FDR Untuk 250 Cc Dan Supersport 600


 

ManiakMotor – Ban FDR memang sudah menemani semua balap di Indonesia. Komponnya telah mengalas kompetisi OMR (One Make Race),  MotoPrix, IndoPrix sampai IRS (Indospeed Race Series). Soal ban balap bebek sampao sports 150 sudah terlayani di seluruh Indonesiat.

Tapi untuk kelas 250 cc ke atas belum terlayani, tapi mulai diriset. Salah satu kurang berkembang dua kelas tersebut di Indonesia lantaran mahal untuk ukuran balap motor. You bayangkan saja, satu set ban dua kelas itu di atas Rp 5 juta. Itu hanya habis dalam 30 lap.

Karena itu, “FDR telah mulai merancang ban untuk dua kelas ini. Seperti komitmen FDR untuk menciptakan ban balap yang murah di Indonesia, tapi berkualitas,” ucap Riza. Pejabat Dept Head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR tersebut berbicara saat seri 2 IRS pada 22 Juni lalu di sikuit Sentul, Bogor, Jabar.

Menurut SRI bila salah satu biang mahalnya ongkos balap bisa diatasi, niscaya balap kejurnas 250 cc dan supersports 600 cc akan ramai. Apalagi kedua kelas ini adalah pondasi balap motor ke jenjang yang lebih tinggi.

Makanya, untuk penghematan peserta, aturan ban di Supersport 600 hanya dijatah satu set sejak latihan, QTT sampai race. Juga dengan mahalnya ban tersebut, latihan rutin dikurangi alias itu sama saja menghambat keterampilan. Kan kurang latihan dan minim pegang motor. Apalagi buat mereka dari tim perorangan, waw ampun pak.

Bahkan FDR sudah menjamin tahun depan alias 2015 ban buatan mereka di kelas moge menengah sudah bisa digunakan. “Tahun ini soal pendalaman riset. Jangan main-main dengan ban di kelas ini, kecepatan motornya sangat tinggi,” jelas Riza yang belum membocorkan soal harga per unit ban buatannya nanti.

Yang jelas jauh lebih murah dari buatan luar negeri sana. Ghalib

BACA JUGA

IRS 2014 Sentul Seri-2; Wah Pembalap Motocross, Malah Ikut OMR Honda

IRS 2014 Sentul Seri 2; Kejurnas 250 Masih Tetap Milik Honda CBR250

IRS 2014 Sentul Seri-2 Race 2 Supersport 600; Manajemen Ban Bikin Yudhistira Terdepan

IRS 2014 Sentul Seri-2: Race-1 Supersport 600, Dua CBR Jatuh, Ninja 600 Terdepan

 

BAGIKAN