nhk

IRS 2014 Sentul Seri-2; Ikut OMR Biaya Terpangkas Banyak

 

ManiakMotor – Regulasi dan motor yang seragam speksifikasi balapnya, maka one make race (OMR) di IRS Sentul diminati. Seri 2 diadakan minggu lalu,  dua merek OMR sama-sama meriah.  Yakni Honda dan Kawasaki. Honda ada OMR B150R StreetFire dan CBR250. Sedang Kawasaki sudah pasti Ninja 250-nya.

Ujung dari OMR adalah balap yang murah. Jauh lebih murah dari membangun motor untuk Kejurnas 250 cc. Untuk Ninja Race, regulasinya diformat dari Kawasaki Motor Indonesia (KMI). “Karena murah, saya tertarik bikin tim khusus OMR Ninja atau Ninja Race,” ucap Indrawan, owner team WRX8 Denis Aracer Team sekaligus Bandar Knalpot WRX dan RX8.

Penerapan aturannya juga ketat alias nggak bisa curi regulasi. Saat proses permeriksaan teknik, ada beberapa motor tidak lolos lantaran didapati sudah dikorek. “Kan di regulasi yang dikeluarkan KMI dilarang mengorek porting. Bahkan melakukan poles pada saluran intake, exhaust, dan sokbreker harus standard,” jelas Reymond Gunawan, petugas scrut dari Indospeed.

Hal-hal macam itu yang membuat balapan OMR imbang, istilahnya nggak melulu kuat-kuatan dana. Kalau kamu nonton, pasti seru lantaran motor terus  berombongan. “Skill joki sangat kelihatan,” timpal Angga Kurniawan dari Anjany Racing yang ikut OMR Ninja dan melepas Ninja RR Mono.

Beda lagi dengan Honda yang dimotori Astra Honda Motor (AHM). AHM melepas dua kelas di sana, yakni CB150R dan CBR250. AHM bertugas menyediakan motornya dan pembalapnya diseleksi ketat, terutama dari segi umur dan bakat. Tapi masih ada tapinya, tim yang mau ikutan dipersilakan bawa motor sendiri, asal saja regulasinya sama dengan aturan yang diberlakukan.

Menurut Anggono Iriawan, Manajer Motor Sport and Safety Riding AHM, bahwa programnya memang membiasakan balap Indonesia dengan kelas sport. Katanya sudah ada beberapa tim yang bergabung dengan suka rela. “OMR memang realistis aturan mainnya. Buktinya, tim yang tidak terikat langsung mendaftar. Lagi pula,balapan sport adalah penjenjangan yang tepat,” jelas Anggono.

Ketika seri pertama Mei lalu, ada beberapa pembalap di luar dari AHM seperti kecewa. Sebabnya ada beberapa motor dari tim yang kena penalty.  Namun seri dua, mereka telah mengerti dan silakan balapan. Itulah yang membuat OMR di IRS Sentul jadi ramai. Ya berbalik dengan regulasi kejurnas 250 yang dianggap belum jelas, walau sebenarnya tahun ini telah direvisi, tapi malah berkurang peminatnya. Ghalib

BACA JUGA

IRS 2014 Sentul Seri-2; Bakal Ada Ban Balap FDR Untuk 250 Cc Dan Supersport 600

IRS 2014 Sentul Seri-2; Wah Pembalap Motocross, Malah Ikut OMR Honda

IRS 2014 Sentul Seri 2; Kejurnas 250 Masih Tetap Milik Honda CBR250

 

BAGIKAN